Preview Perempat Final Liga Champions Chelsea vs Real Madrid: Tugas Berat The Blues di Stamford Bridge
Manajer Interim Chelsea, Frank Lampard. (Foto: Twitter/@ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA – Chelsea punya tugas berat saat menjamu raksasa Spanyol, Real Madrid, pada pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions Eropa musim kompetisi 2022/2023. Mereka butuh menang dengan selisih tiga gol jika ingin lolos ke semifinal.

Duel antara The Blues dan Madrid akan tersaji di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Rabu, 19 April pukul 02.00 WIB. Tuan rumah sedang berada di jalur buruk bersama manajer interim, Frank Lampard.

Lampard sebelumnya memimpin tim memainkan leg pertama di markas Los Blancos di Santiago Bernabeu pekan lalu. Ketika itu, ia harus melihat tim asuhannya menderita kekalahan dua gol tanpa balas di laga tersebut.

Itu merupakan satu dari tiga laga yang sudah ia jalani sejak kembali memimpin The Blues. Dari tiga kesempatan itu, tidak satu pun pertandingan di antaranya yang berakhir dengan kemenangan.

Kekalahan terbaru terjadi saat menjamu Brighton & Hove Albion pada lanjutan Liga Premier akhir pekan kemarin. Di laga itu, gol Conor Gallagher menjadi sia-sia setelah dibalas oleh sundulan Danny Welbeck dan tendangan roket Julio Enciso.

Kekalahan itu berarti The Blues tanpa kemenangan dalam enam pertandingan beruntun sejak mengalahkan Leicester City 3-1 pada Maret lalu. Ketika itu tim London ini masih diasuh Graham Potter.

Deretan hasil buruk itu tentu membuat publik London tidak begitu optimistis menyambut Los Blancos. Raksasa La Liga itu bagaimana pun tetap dalam posisi yang diunggulkan maju ke semifinal.

Chelsea sebenarnya berhasil lolos sebanyak lima kali dari tujuh pertandingan terakhir mereka di Liga Champion Eropa setelah mereka kalah di leg pertama dalam pertandingan tandang.

Namun, mereka gagal memenangkan salah satu dari empat pertandingan terakhir mereka di Stamford Bridge sejak mengalahkan Borussia Dortmund. Untuk itu, mereka perlu performa terbaik untuk mencetak tiga gol melawan juara bertahan itu.

Di sisi lain, Madrid tercatat berhasil lolos ke babak berikutnya sebanyak 18 kali dari 19 pertandingan babak gugur Liga Champions Eropa setelah memenangkan leg pertama dengan setidaknya dua gol tanpa balas.

Mereka hanya kalah dari runner-up AS Monaco pada musim 2003/2004. Pada saat itu Los Blancos hanya tersingkir berkat aturan gol tandang yang kini telah dihapuskan setelah hasil imbang 5-5 secara agregat.

Prediksi susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa; James, Fofana, Silva, Cucurella; Fernandez, Kante, Kovacic; Mudryk, Havertz, Felix

Pelatih: Frank Lampard

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Alaba, Camavinga; Modric, Valverde, Kroos; Rodrygo, Benzema, Vinicius Jr

Pelatih: Carlo Ancelotti