Bagikan:

JAKARTA - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus membeberkan format yang akan diterapkan untuk pertandingan playoff Liga Champions Asia 2023/2024. Laga yang akan mempertemukan PSM Makassar kontra Bali United itu digelar dengan sistem kandang tandang.

PSM Makassar menjadi wakil Indonesia di babak playoff Liga Champions Asia dengan status sebagai juara Liga 1 2022/2023. Namun mereka tidak otomatis lolos karena harus menghadapi Bali United yang berstatus juara Liga 1 musim 2021/2022.

Ferry Paulus mengatakan, jadwal playoff sebelumnya direncanakan berlangsung sebelum Hari Raya Idul Fitri 2023 dengan format single match. Namun karena terkendala izin dari pihak kepolisian agenda tersebut bergeser hingga setelah Lebaran.

"Awalnya memang mau disiapkan sebelum Lebaran, tetapi karena memang awalnya kita berencana single match, makanya ditempatkan di tempat netral," kata Ferry Paulus dalam keterangan pada Kamis, 13 April.

"Tapi kita terkendala dengan izin kepolisian karena sudah mau Lebaran, jadi ada operasi ketupat,” imbuh mantan petinggi Persija Jakarta tersebut.

Setelah mengalami pergeseran jadwal, fotmat single match bisa diubah. Ia mengatakan laga playoff akhirnya akan diselenggarakan dengan format home away atau kandang-tandang yang dirasa menguntungkan bagi semua pihak.

"Tadinya kita mau geser ke tanggal 18 April, sementara kita sudah punya izin kompetisi sampai tanggal 16. Kita mau memadatkan jadwal lagi, tapi terlalu mepet," tutur Ferry.

“Jadi, kita sepakat dengan semua tim, karena memang kalau setelah Lebaran nanti bisa Home-Away. Ini tentunya dari valuasi play offnya kan jadi bagus, liga juga dapat dampak broadcast yang baik juga," jelasnya.

Meski sudah memastikan format yang akan digunakan pada playoff Liga Champions Asia, tapi Ferry Paulus belum membeberkan jadwal pasti soal pertemuan PSM Makassar kontra Bali United digelar. Tapi ada kemungkinan pertandingan itu dihelat pada pekan kedua bulan Mei 2023.