AFC Kasih Indonesia 3 Slot untuk Kompetisi Asia 2023/2024, Ini Rincian Pembagiannya
AFC telah mengumumkan slot setiap negara untuk kompetisi Asia 2023/2024. (Foto: Twitter.com/@AFCCup)

Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengumumkan slot setiap negara untuk kompetisi Asia 2023/2024. Tim Indonesia resmi mendapatkan jatah tiga slot.

Slot tersebut untuk tampil di playoff Liga Champions Asia, fase penyisihan grup Piala AFC, dan playoff Piala AFC.

Kepastian ini didapat dari informasi yang dibagikan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, dalam pernyataan resminya pada Senin, 10 April. Ferry menyatakan, PSSI telah bersurat dengan AFC soal nominasi dan kriteria untuk tampil di agenda AFC.

Dari informasi diketahui untuk slot peserta playoff Liga Champions Asia akan diisi pemenang pertandingan playoff antara juara Liga 1 2021/2022 yaitu Bali United melawan juara Liga 1 2022/2023 PSM Makassar.

"Tim yang kalah dari playoff, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup," kata Ferry Paulus dalam keterangan resmi.

Sementara untuk slot ketiga atau tim yang akan mewakili Indonesia pada fase playoff Piala AFC tidak akan dilakukan pertandingan playoff lagi.

Sebab posisi itu akan diserahkan pada klub peringkat kedua Liga 1 2022/2023 yang saat ini masih diperebutkan Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Untuk penetapan kriteria wakil bagi tiap negara pada kuota slot yang ditentukan, AFC memberikan kebebasan penuh kepada federasi negara yang bersangkutan.

Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang mewakili negara di kompetisi Asia diserahkan kepada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual for AFC Club Competitions.

Sebagai gambaran Ferry Paulus menjadikan Thailand sebagai contoh. Negara tetangga itu menentukan kuota klub-klub untuk kompetisi Asia 2023/2024 dengan melakukan playoff di dalam negeri.

"Jadi dalam hal ini apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti," ujar Ferry Paulus.