Inilah 3 Klub Indonesia yang Tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia 2023/2024
AFC (Foto: Twitter.com/@AFCCup)

Bagikan:

YOGYAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga Indonesia mengumumkan tiga klub Indonesia yang tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia musim 2023/2024.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan, Indonesia mendapat 3 slot dalam kompetisi antarklub di Benua Asia itu. Ketiga slot tersebut adalah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup AFC Cup, dan play-off AFC Cup.

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” kata Paulus, dikutip dari laman resmi PT LIB, Sabtu, 15 April 2023.

Tiga Klub Indonesia yang Tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia 2023/2024

Ferry menyampaikan, klub pertama yang akan mewakili Indonesia ditentukan lewat pertandingan play off antara pemenang Liga 1 musim 2021-2022 yakni Bali United melawan pemenang Liga Musim 2022-2023, yakni PSM Makassar.

Tim yang berhasil memenangi laga play off akan langsung mewakili Indonesia di Liga Champions Asia. Sedangkan klub yang kalah akan langsung mendapat tempat di AFC Cup.

Sementara klub Indonesia yang tampil di play off AFC Cup adalah runner up BRI Liga 1 Musim 2022/2023. Tim ini tidak perlu bertanding dengan runner up BRI Liga 1 Musim 2021/2022.

“Tidak ada lagi play off untuk slot yang ketiga. PSSI sudah menentukannya secara langsung,” tutur Ferry Paulus.

Ferry menuturkan, AFC memberikan kebebasan penuh kepada Asosiasi Sepak Bola Indonesia dan operator Liga untuk menentukan kriteria peserta yang dikirim untuk bertandingan di kompetisi antar klub se-benua Asia tersebut.

“Jadi, dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” pungkas Ferry.

Secara lebih rinci, berikut daftar klub Indonesia yang tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia Musim 2023/2024:

  • PSM Makassar (Play Off Liga Champions Asia/Fase Grup Piala AFC)
  • Bali United (Play Off Liga Champions Asia/Fase Grup Piala AFC)
  • Persib Bandung/Persija Jakarta (Play Off Piala AFC).

Sekedar informasi tambahan, pada 2022 hanya ada dua wakil Indonesia di kompetisi level Asia. Mereka yakni Bali United dan PSM Makassar. Keduanya tampil di AFC Cup 2022.

Bali United yang saat itu berstatus sebagai juara Liga 1 2019 dipilih karena Liga 1 2020 dibatalkan akibat COVID-19. Sementara Liga 1 2021/2022 saat itu masih bergulir dan baru rampung pada April 2022.

Di sisi lain, PSM Makassar dipilih karena menyandang status Juara Piala Indonesia 2018/2019.

PSM Makassar mewakili Indonesia karena Piala Indonesia 2020 juga tidak terselenggara karena pandemi COVID-19.

Dalam 3 edisi kompetisi antar klub di level Asia paling baru, Indonesia sebenarnya berpotensi memiliki tiga slot.

Tiga slot tersebut merupakan jatah satu tiket play off Liga Champions Asia, satu tiket penyisihan grup Piala AFC, dan satu tiket play off Piala AFC apabila wakil di play off Liga Champions Asia berhasil lolos fase grup.

Akan tetapi, sejak 2018/2019, belum ada tim Indonesia yang lolos dari babak play-off Liga Champions Asia. Oleh sebab itu, hanya ada 2 klub Indonesia yang tampil di Piala AFC, yakni Bali United dan PSM Makassar.

Pada Piala AFC 2023 PSM Makassar berhasil melaju ke final Zona ASEAN. Hanya saja, mereka kalah dari wakil Malaysia Kuala Lumpur FC dengan skor 5-2.

Sedangkan Bali United tersingkir duluan di fase grup. Serdadu Tridatu disingkirkan oleh klub Liga Malaysia, yakni Kedah Darul Aman.

Demikian informasi tentang klub Indonesia yang tampil di AFC Cup dan Liga Champions Asia musim 2023/2024. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.