Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, penentuan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Kamboja telah rampung. Namun ia masih belum bisa membeberkan secara rinci.

Menpora mengaku masih harus melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan, tenggat waktu pengumuman kontingen akan disampaikan pada minggu ini.

"Sudah (menyiapkan kontingen), Kamis malam sudah semua. Tapi sebelum diumumkan nama-nama yang ada di kontingen saya akan diskusikan dulu ke pemimpin (Presiden),” kata Menpora setelah rapat koordinasi lintas Kementerian Lembaga dalam persiapan Piala Dunia FIBA 2023 di Wisma Kemenpora, Senayan pada Senin 10 April siang WIB.

"Minggu ini kita kejar," lanjut Menpora saat ditanya soal kapan akan mengumumkan kontingen yang dikirim.

Soal jumlah kontingen yang akan diberangkatkan, kemungkinan sama besar dengan edisi sebelumnya di Hanoi. Hanya saja cabang olahraga (cabor) yang diprioritaskan berangkat adalah nomor beregu bukan individu.

"Kalau (kontingen) lebih kecil dari sebelumnya sepertinya tidak memungkinkan, karena ini harus di-share dari sekarang ya bahwa kita harus tahu waktu di Hanoi ada 39 medali emas yang tidak dipertandingkan di Kamboja," jelas Dito.

"Yang kurang menguntungkan lagi, cabor-cabor ini banyak yang grup bukan individu. Jadi kami sudah menghitung reviewnya sangat ketat yang pasti ini efektif dan efisien," ia menambahkan.

Menpora Dito juga yakin tim Indonesia yang turun di SEA Games 2023 Kamboja pada 5-17 Mei nanti bisa meraih prestasi maksimal. Oleh karenanya, diharap seluruh atlet yang berjuang di medan laga agar mengeluarkan seluruh kemampuan demi mendapatkan medali emas sebanyak-banyaknya.

"Kita tentu berharap tim Indonesia di SEA Games nanti bisa berprestasi. Makanya kita fokus," tutupnya.