Bagikan:

JAKARTA - Biaggio Ali Walsh adalah petarung dari garis keturunan legenda tinju, Muhammad Ali. Sempat menjajal mimpi di NFL, dia kemudian menyerah dan kini turun di ajang MMA.

Biaggio mendapat beasiswa untuk bermain "sepak bola Amerika" di California. Setelah pindah kembali ke Las Vegas dengan harapan mendapatkan beasiswa lagi, dia merasa waktu bermainnya sulit didapat.

Dia pun mulai beralih ke dunia MMA. Biaggio telah memulai pelatihan di MMA setelah harapannya di NFL pupus pada musim 2019.

Pada usia 21, dia memutuskan untuk fokus pada MMA. Setelah lockdown akibat COVID-10, dia semakin rutin berlatih dan membuatnya menemukan gairah baru.

Biaggio mengatakan kepada SunSport, "Ketika semuanya ditutup, saat itulah saya mulai berlatih di garasi saya."

"Saudara saya sebenarnya juga banyak membantu, dia menunjukkan hal-hal tertentu yang dia ketahui tentang tinju. Tetapi ketika sasana dibuka kembali, saat itulah saya mulai berlatih lagi dan begitulah perjalanannya," tambahnya.

Namun, langkah Biaggio jauh dari garis keturunannya yang lekat dengan dunia tinju. Sang kakek, Muhammad Ali, adalah ikon olahraga ini di seluruh dunia.

Putri Ali, Laila Ali yang merupakan bibi Biaggio, adalah juara dunia dua kelas tak terkalahkan. Sementara saudara laki-laki Biaggio, Nico, saat ini sedang berkembang di divisi kelas menengah.

Tapi meski dikelilingi oleh para petinju sejak lahir, MMA justru yang paling membuat Biaggio penasaran.

"Ini (MMA) menarik perhatian saya sejak sekolah menengah. Saya menikmati MMA, saya menikmati bahwa ada banyak seni bela diri yang dapat berperan dalam pertarungan," tuturnya.

"Itu hanya sesuatu yang saya nikmati. Bahkan ketika saya sedang bermain sepak bola, saya berada di garasi berlatih tendangan dan semacamnya. Itu hanya sesuatu yang saya nikmati untuk ditonton."

"Tinju juga, saya tumbuh dengan menonton tinju, saya telah dikelilingi tinju sepanjang hidup saya, tetapi ada sesuatu tentang MMA yang sangat saya sukai karena ada banyak seni bela diri. Ada banyak cara untuk menang atau kalah, ada banyak sekali kemungkinan di MMA dan itu benar-benar membuat saya penasaran," tambah Biaggio lagi.