Barcelona Vs Manchester United 2-2: Ten Hag dan Xavi Sama-sama Klaim Berhak Dapat Penalti
Barcelona ditahan imbang 2-2 oleh Manchester United pada leg pertama playoff 16 besar Liga Europa di Camp Nou. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United mendapatkan hasil bagus saat bertandang ke markas Barcelona pada leg pertama playoff 16 besar Liga Europa. Red Devils sukses menahan imbang Blaugrana dengan skor 2-2 di Stadion Camp Nou, Jumat, 17 Februari dini hari WIB.

Barcelona unggul lebih dulu lewat gol Marcos Alonso pada menit ke-50. Namun, keunggulan tuan rumah hanya bertahan dua menit setelah MU menyamakan kedudukan lewat Marcus Rashford yang menerima umpan terobosan Fred.

MU berbalik unggul pada menit ke-59 lewat gol bunuh diri Jules Kounde. Raphinha kemudian menyamakan kedudukan untuk tuan rumah di akhir babak kedua.

Seusai pertandingan, kedua tim nampak berkeluh kesah terhadap kinerja wasit. Baik kubu MU maupun Barcelona mengklaim bahwa ada keputusan wasit yang telah merugikan timnya.

"Saya pikir wasit memiliki pengaruh besar pada pertandingan ini. Itu merupakan pelanggaran terhadap Rashford," kata manajer MU, Ten Hag, kepada BT Sport.

“Anda dapat mendiskusikan apakah itu di dalam atau di luar kotak, tetapi (bagaimanapun juga) itu adalah kartu merah karena (Rashford) berhadapan satu lawan satu dengan kiper."

"Jadi pengaruhnya besar, tidak hanya untuk pertandingan ini, di babak ini. Wasit tidak boleh banyak melakukan kesalahan seperti itu," cetusnya.

Sementara pelatih Barcelona, Xavi, menilai timnya sepatutnya mendapatkan hadiah penalti dalam laga ini. Dia melihat gelandang MU, Fred, telah melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

"Untuk saya, itu sangat jelas penalti. Saya pergi untuk memberitahu wasit. Sudah jelas, itu pendapat saya dan saya tahu itu tak akan mengubah apapun," katanya kepada Movistar+.

"Wasit mengatakan bola terlalu dekat dengan tubuh (Fred), tapi bagi saya tidak. Itu jelas penalti," lanjutnya.

Hasil ini menguntungkan buat MU. Pasalnya, mereka hanya perlu imbang 0-0 atau 1-1 di leg kedua untuk bisa lolos. Pertandingan leg kedua sendiri akan berlangsung pada 24 Februari 2023 di Old Trafford.

Susunan Pemain

Barcelona (4-2-3-1): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Marcos Alonso (Andreas Christensen 67'), Jordi Alba (Alex Balde 67'); Pedri (Sergi Roberto 41'), Frenkie de Jong, Franck Kessie (Ansu Fati 67'); Raphinha (Ferran Torres 83'), Robert Lewandowski, Gavi.

Manchester United (4-1-4-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia; Casemiro, Fred; Jadon Sancho (Alejandro Garnacho 82'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Wout Weghorst.