5 Agen Sepak Bola Terkenal yang Menaungi Pemain Bintang
Mino Raiola yang meninggal pada April 2022 merupakan salah satu agen sepak bola terkenal yang menaungi pemain bintang. (Foto Instagram/@minoraiola)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Agen sepak bola merupakan orang pertama yang menjembatani pemain dengan klub. Dalam sepak bola, agen bertugas menjadi perantara dalam transfer dan negosiasi kontrak. Salah satu agen sepak bola terkenal yang menaungi banyak pemain bintang adalah Mino Raiola yang meninggal dunia pada April 2022 silam.

Erling Haland, Paul Pogba, dan Matthijs de Light adalah pemain hebat yang berada di bawah naungan Raiola.

Selain Mino Raiola, siapa saja agen pemain sepak bola terkenal yang menjadi perantara untuk menangani kepentingan seorang pesepak bola terkenal?

5 Agen Sepak Bola Terkenal yang Menaungi Banyak Pemain Bintang

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 11 Februari 2023, berikut lima agen sepak bola terkenal yang memiliki deretan klien bintang:

  1. Jonathan Barnett

Jonathan Barnett merupakan pendiri ICM Stellar Sports, salah satu agensi sepak bola tersukses di dunia. Setidaknya, ada 794 pemain sepak bola yang telah menjadi klien Barnett dengan nilai pasar keseluruhannya yakni 1,5 miliar euro atau Rp22 triliun. Jika dirata-rata nilai pasar kliennya sekitar 1 juta Euro atau setara dengan Rp28 miliar.

Beberapa pemain besar seperti Jack Grealish, Gareth Bale, Saul Niguez, Ruben Loftus-Cheek dan Jordan Pickford pernah menjadi klien Barnett.

Dia adalah orang yang menjembatani Gareth Bale dengan Real Madrid. Berkat Barnett, Bale berhasil diboyong Madrid dari Tottenham Hotspur dengan transfer senilai 86 juta poundsterling.

  1. Jorge Mendes

Agen sepak bola terkenal berikutnya adalah Jorger Mendes. Ia menaugi 137 pemain sepak bola profesional degan nilai pasar mencapai 1,2 miliar euro atau sekitar Rp18 triliun. Apabila dirata-rata, maka nilai pasar kliennya yakni sekitar 8,7 juta euro atau setara Rp130 miliar.

Mendes merupakan sosok di balik agensi atlet bernama Gestifute. Beberapa pesepak bola profesional yang menjadi klien Jorge Mendes, antara lain David de Gea, Diego Costa, James Rodriguez, Joao Felix, dan Cristiano Ronaldo.

Selain menjadi agensi pesepak bola, Mendes lewat Gestifute juga menjadi rumah untuk pelatih. Jose Mourinho adalah salah satu pelatih yang menggunakan jasa Mendes.

  1. Paulo Bursado

Paul Bursado merupakan petinggi agensi CAA Base. Ia kerap terlibat dalam transfer pemain di klub-klub liga Italia Serie A. Setidaknya, ada 557 pemain yang menggunakan jasa Bursado.

Nilai pasar keseluruhan pemain yang diasuh oleh CAA Base setara 853 juta euro atau sekitar Rp12,8 triliun. Rata-rata nilai pasar pemain yang menjadi kliennya yakni sekitar 1,5 juta euro atau setara Rp22 miliar.

  1. Rafaela Pimenta

Sepeninggal Mino Raiola, agensi One yang dimiliki Raiola diteruskan oleh seorang wanita bernama Rafaela Pimenta.

Beberapa pemain bintang yang menjadikan One sebagai rumahnya, yakni Zlatan Ibrahimovic, Erling Haaland, Paul Pogba, Matthijs de Light, dan Gianluigi Donnarumma.

Dari 74 pemain yang diasuh One, nilai pasar keseluruhannya mencapai 760 juta euro atau setara Rp11 triliun.

Setelah Raiola tutup usia, Pimenta mengambil peran yang sangat penting. Dia berhasil membuat Erling Haaland yang saat itu bermain untuk Dortmund, dikontrak oleh Manchester City.

  1. Pini Zahavi

Pini Zahavi menaungi 26 pemain bintang dengan nilai pasar keseluruhan 340 juta euro atau setara Rp5 triliun.

Pria asal Israel ini menaungi sejumlah pemain hebat, seperti Robert Lewandowski, Christopher Nkunku, Alex Telles berada dalam naungannya. Musim lalu, dia membereskan transfer Lewandowski ke Barcelona.

Demikian informasi tentang agen sepak bola terkenal yang menaungi pemain bintang. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.id.