Meninggal Dunia karena Sakit, Kekayaan Bersih Agen Sepak Bola Mino Raiola Capai Rp1,3 Triliun
Mino Raiola, salah satu agen sepak bola ternama (Instagram @minoraiola)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia sepak bola, salah satu sosok penting tetapi tidak mendapat sorotan adalah agen Mino Raiola. Dia dikenal mewakili bintang-bintang lapangan hijau seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Mario Balotelli atau Erling Haland.

Raiola lahir di Nocera Inferiore, Salerno, di Italia selatan pada 1967, tetapi setahun kemudian keluarganya pindah ke Haarlem, Belanda. Di universitas, dia mendaftar di sekolah hukum dan bermain sepak bola untuk tim pemuda HFC Haarlem. Namun, dia keluar pada usia 18 tahun untuk menjadi manajer tim pemuda.

Kemudian, ia menjadi agen sepak bola, memulai bisnis itu di perusahaan agen olahraga Sports Promotions, menjadi bagian dari transfer pemain Belanda ke tim Serie A Italia seperti Frank Rijkaard, Wim Jonk dan Dennis Bergkamp.

Dikutip dari Marca, Minggu, 1 Mei, dia lantas memutuskan untuk mandiri dan melakukan transfer besar pertamanya saat legenda Ceko Pavel Nedved pindah dari Sparta Prague (Ceko) ke Lazio. Sejak saat itu, para pemain papan atas yang diwakili oleh Raiola semakin banyak.

Pada tahun 2016, Raiola memuluskan langkah transfer Pogba dari Juventus ke Manchester United seharga 140 juta dolar AS (Rp2,1 triliun) di mana Raiola menerima komisi sebesar 26,4 juta dolar AS (Rp383,4 miliar).

Raiola telah menegosiasikan lebih dari 847,7 juta dolar AS (Rp12,3 triliun) dalam kontrak dan biasanya membebankan komisi untuk setiap transfer pemain yang diwakilinya mendekati 10 persen. Dia juga memiliki properti mewah di Eropa dan Amerika Serikat dan mampu berbicara tujuh bahasa: Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Portugis dan Belanda.

Setelah dirawat di rumah sakit pada hari Kamis, 18 April, rumor beredar tentang kematian Raiola, tetapi agen pemain itu membantah laporan pers tersebut.

"Status kesehatan saat ini untuk yang bertanya-tanya: kesal untuk kedua kalinya dalam 4 bulan, mereka membunuhku. Sepertinya juga bisa menyadarkan," tulis Raiola di Twitter. Namun, Sabtu pagi kemarin kematian Raiola sudah dipastikan.

Menurut situs web seperti CA Knowledge, kekayaan bersih sang agen hingga tahun 2022 mencapai 90 juta dolar AS (Rp1,3 triliun)