Rekor 39 Tahun Milik Kareem Abdul-Jabbar Itu Akhirnya Pecah di Tangan LeBron James
Pemain Los Angeles Lakers, LeBron James. (Foto: Twitter/@KingJames)

Bagikan:

JAKARTA - Pebasket LeBron James sukses memecahkan rekor pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA. Ia melewati legenda basket, Kareem Abdul-Jabbar.

Rekor tersebut diukir James ketika timnya Los Angeles Lakers kalah 130-133 melawan Oklahoma City Thunder di Crypto.com Arena, Amerika Serikat, Selasa malam waktu lokal atau Rabu, 8 Februari WIB.

Di pertandingan itu, James mencetak 38 poin. Tambahan itu sudah cukup untuknya memegang rekor pencetak poin terbanyak yang sebelumnya dikuasai Kareem selama 39 tahun tersebut.

Rekor yang sebelumnya diyakini oleh banyak orang akan sulit terpecahkan.

Catatan Kareem Abdul-Jabbar dipastikan terlewatkan setelah James menambahkan dua angka dari jarak 21 kaki (6,4 meter) pada akhir kuarter ketiga. Total James sekarang telah mengukir 38.390 poin sepanjang kariernya.

Untuk mencapai rekor itu, James harus membutuhkan waktu selama 20 musim dan 1.410 pertandingan. Ia sekarang memimpin sebanyak tiga poin dari Kareem yang mengoleksi 38.387 poin dalam 1.560 pertandingan.

Pertandingan sempat dijeda beberapa saat setelah James mengukir rekornya. Seremoni singkat pun dilakukan bersama Kareem yang hadir menonton langsung pertandingan tersebut.

"Saya hanya ingin mengatakan, terima kasih kepada para pendukung Laker. Kalian adalah salah satu yang terbaik. Bisa berada di hadapan legenda sehebat Kareem, itu sangat membanggakan. Tolong berikan tepuk tangan meriah untuk sang Kapten," kata James dilansir The Guardian.

Abdul-Jabbar yang telah memegang rekor tersebut sejak April 1984 dalam sebuah tulisannya di The Guardian pada 2019 mengatakan, atlet yang membuat rekor bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Setiap kali seorang atlet menunjukkan bahwa seseorang mampu melakukan lebih dari yang kita duga, mereka telah menginspirasi seluruh umat manusia untuk menyadari bahwa mereka mampu mencapai lebih jauh dari yang mereka pikirkan," tulis dia.

Di belakang kedua nama itu, ada tiga nama lain yang masuk lima besar pencetak poin terbanyak. Berturut-turut adalah Karl Marone (36.928 poin), Kobe Bryant (33.643 poin), Michael Jordan (32.292).