Petinju Tunanetra Bakal Lakoni Debut di Atas Ring Melawan Pria yang Bisa Melihat
Ilustrasi tinju. (Foto: Pexels/Maria Isabelle Warren)

Bagikan:

JAKARTA – Petinju tunanetra, Thomas Seres, siap membuat kejutan di dunia tinju. Atlet berusia 23 tahun itu sedang bersiap naik ring untuk debutnya melawan petinju yang bisa melihat dengan sempurna.

Thomas dilaporkan akan bertinju bulan depan dalam sebuah pertandingan amal. Ia naik ring untuk mengumpulkan dana buat Cancer Research di Inggris.

"Kalah bukanlah sebuah pilihan. Saya selalu ingin bertinju, tetapi tidak mengira saya bisa bergabung dengan sasana tinju," kata dia dilansir dari The Sun.

Thomas yang terdaftar sebagai tunanetra hanya dapat melihat pada jarak sebatas tiga kaki di depannya atau 0,914 meter. Petarung yang diketahui sebagai penggemar film Rocky itu datang dengan bekal sertifikat tinju level dua.

Penglihatannya yang kurang sempurna itu disebabkan glaukoma kongenital yang parah. Oleh karena itu, ia pun harus berjalan dibantu dengan tongkat.

Meski demikian, ia berjanji akan memberikan yang terbaik pada pertarungan debutnya. Ia juga meminta lawannya agar tidak meremehkan dirinya.

"Saya akan memberikan yang terbaik dalam pertarungan. Menang, kalah atau seri. Tinju adalah olahraga yang duel dari dekat. Jadi itu menguntungkan saya, tetapi saya akan kesulitan melihat beberapa pukulan," ujarnya.

"Saya harap dia tidak meremehkan saya karena saya buta. Dia akan membayarnya jika dia benar-benar meremehkan saya. Saya memiliki pukulan knockout," ia menambahkan.

Thomas saat ini berlatih tiga hari dalam seminggu. Ia juga terus memperkuat fisiknya dengan mengangkat beban di hari-hari tertentu.