8 Legenda Catur Dunia yang Namanya Dikenal Sepanjang Masa
Ilustrasi catur (unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga catur dikaitkan dengan tingkat kepintaran para pemainnya. Dari sekian banyaknya para pecatur jenius yang ada di dunia, ada banyak legenda catur dunia yang diakui di berbagai negara.

Para legenda catur berikut ini dikenal karena kepiawaian mereka saat bermain catur. Selain itu mereka punya gaya bermain yang unik dan berbeda-beda.

Legenda Catur Dunia

Seperti diketahui, olahraga catur memiliki federasi tertinggi yang disebut International Chess Federation (FIDE). FIDE punya peran penting dalam mengatur pertandingan catur dunia hingga menghasilkan para legenda catur dunia. Berikut ini beberapa legenda catur internasional yang sempat bermain di kejuaraan FIDE.

  1. Magnus Carlsen

Magnus Carlsen adalah juara dunia catur yang berhasil memenangkan berbagai turnamen bahkan sejak ia berusia 13 tahun. Ia mendapat gelar grandmaster catur. Menginjak usia 19 tahun, Magnus sukses meraih peringkat FIDE paling atas dan dinobatkan sebagai pecatur muda yang berhasil mencapai posisi tersebut. Tak hanya mendapat skor ELO tinggi, IQ Magnus Carlsen juga kategori tinggi karena mencapai 190.

  1. Vladimir Kramnik

Vladimir Kramnik adalah pecatur asal Rusia. Saat bermain catur, ia seolah mampu memprediksi gerakan lawan selanjutnya sehingga membuat mereka terjebak pada kekalahan. Vladimir Kramnik juga pernah menjalani 80 pertandingan secara beruntut tanpa kalah sekalipun. Kranmnik sendiri telah pensiun namun ia masih dianggap sebagai tokoh penting pada teori catur.

  1. Garry Kasparov

Garry Kasparov adalah pecatur asal Rusia. Ia dikenal sebagai salah satu pecatur paling tangguh di dunia karena berhasil meraih berbagai gelar dan kemenangan. Yang menarik adalah bahwa Grandmaster catur ini sempat berselisih dengan FIDE hingga akhirnya mendirikan organisasi caturnya sendiri bernama Asosiasi Catur Profesional. Sayangnya organisasi tersebut hanya bertahan selama tiga tahun.

  1. Viswanathan Anand

Viswanathan Anand adalah grandmaster catur asal India. Ia juga pernah menjadi juara dunia. Sedangkan predikat grandmaster FIDE didapat pada 1988. Di masa kanak-kanak, Viswanathan Anand memenangkan dua kejuaraan catur cepat . Ia juga dikenal sebagai pemain catur terbaik di masanya.

  1. Bobby Fischer

Bobby Fischer adalah pecatur asal Amerika Serikat. Namun tinggal dan meninggal di Islandia. Pecatur ini berhasil memenangkan kejuaraan catur Game of the Century di usianya yang ke-13. Selain itu ia menjadi epcatur termuda di kejuaraan dunia dan sukses meraih gelar grandmaster paling muda sepanjang sejarah.

  1. Anatoly Karpov

Pecatur asal Rusia ini pernah menang di kejuaraan catur dunia. Dari tahun 1978 hingga 1998 ia selalu mengikuti kejuaraan catur FIDE. Dari 3.163 pertandingan, Anatoly Karpov berhasil meraih kememangan sebanyak 1.118 pertandingan dan hanya kalah sebanyak 287 kali dengan 1.480 remis.

  1. Jose Capablanca

Jose Capablanca adalah pecatur ajaib dari Kuba. Ia memiliki permainan yang cepat dan tanpa ampun. Ia menjadi juara catur dunia dari tahun 1921 sampai 1927. Gelar tersebut harus dilepas setelah kekalahannya dengan Alexander Alekhine.

  1. Mikhail Tal

Mikhail Tal adalah pecatur dari Latvia. Ia dikenal sebagai pecatur yang sangat sulit diprediksi. Banyak musuh yang hampir selalu keliru membaca pergerakan Mikhail Tal di papan catur. Ia dianggap sebagai pecatur tipe penyerang yang jenius di zamannya. Selain pandai dalam catur ia juga pandai berpidato. Ia bahkan menulis buku bertema catur.

Itulah informasi terkait legenda catur dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.