Biar Sejago Dewa Kipas, Ini Rekomendasi Film Catur Selain <i>Queens Gambit</i>
Film catur terbaik yang wajib ditonton (Little White Lies)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah ramainya pemberitaan Dewa Kipas, ada baiknya penikmat catur menonton film-film tentang catur. Beberapa waktu lalu, Netflix telah merilis miniseries berjudul Queen’s Gambit.

Nyatanya selain itu, masih banyak film catur lain yang layak ditonton. Jadi menghibur, penggemar catur bisa juga mendapat informasi menarik terkait teknik-teknik dalam permainan catur.

Berikut rekomendasi film catur yang wajib ditonton selain Queen’s Gambit sebagaimana yang dihimpun VOI dari berbagai sumber:

1. The Seventh Seal (1957)

Film catur The Seventh Seal (Criterion)

Film buatan sineas kenamaan asal Swedia, Ingmar Bergman. The Seventh Seal berkisah tentang Antonius Block (Max Von Sydow) yang merupakan salah seorang prajurit kerajaan. Block pulang dari medan peperangan, malaikat pencabut nyawa mendatanginya dan mengajaknya bermain catur. Nyawa Block dipertaruhkan dalam game ini.

2. Searching for Bobby Fischer (1993)

Film catur Searching for Bobby Fischer (Wikipedia)

Searching for Bobby Fischer terinspirasi dari booming-nya catur sekolahan di Amerika Serikat. Tokoh-tokoh dalam film ini diperankan oleh aktor bintang seperti Ben Kingsley, Joe Mantegna, Joan Allen dan Laurance Fishburne. Film ini berdasarkan sebuah buku dengan judul yang sama karya Fred Waitzkin yang menceritakan perjalanan putranya, Josh Waitzkin, dalam mencapai cita-citanya menjadi pecatur dunia.

3. Magnus (2016)

Film catur Magnus (IMDB)

Magnus merupakan film biografi tentang juara catur dunia bernama Magnus Carlsen. Saat ini Carlsen mendominasi kejuaraan internasional catur. Film dokumenter yang dibuat pada 2016 ini, diluncurkan sebelum Carlsen bertanding melawan Karjaken dalam kejuaraan catur dunia. Magnus berkisah tentang masa kecil Carlsen yang pernah mengalahkan Kasparov pada usia 13 tahun dan kehidupannya ketika dewasa dan menjadi pecatur dunia.

4. Brooklyn Castle (2012)

Film catur Brooklyn Castle (Chesshouse)

Brooklyn Castle mendadak meledak di kalangan penggemar catur, pelatih catur dan para orang tua pada 2012-an. Film dokumenter catur ini berkisah tentang kesuksesan sekolah menengah 318 bersama guru catur Elizabeth Spiegel di Brooklyn, New York, dalam memenangkan berbagai kejuaraan catur tingkat nasional.

5. Queen of Katwe (2016)

Film Catur Queen of Katwe (IMDB)

Film catur yang diadaptasi dari novel ini berkisah tentang pecatur Uganda bernama Phiona Mutesi yang tumbuh di tempat kumuh bernama Katwe. Phiona diperankan oleh aktor Madina Nalwanga, harus mendatangi tempat di mana catur diajarkan oleh Robert Katende. Pada mulanya, Phiona mengikuti kelas catur hanya untuk mendapat makanan gratis. Namun, pada suatu hari sang guru menyadari bakatnya. Phiona pun mengalami peristiwa-peristiwa penting yang dicapai dalam dunia catur, mulai dari kejuaraan nasional hingga internasional.

6. Bobby Fischer Against the World (2011)

Film Catur Bobby Fischer Against The World (Amazon)

Film dokumenter tentang catur ini menyelami kehidupan sang jenius catur, Bobby Fischer. Ada beberapa interview dengan pecatur terbaik dunia seperti Larry Evans, Susan Polgar, Garry Kasparov, dan pecatur lain yang mengenal dan terpengaruh kejeniusan Fischer dalam bermain catur. Film ini juga mengisahkan pertandingannya dalma kejuaraan catur dunia melawan pecatur Rusia bernama Boris Spassky.

7. The Luzhin Defense (2000)

Film catur The Luzhin Defence (Amazon)

Film catur yang diangkat dari novel The Defense karya sastrawan terkenal Vladimir Nabokov ini menceritakan pecatur berbakat bernama Aleksander Ivanovich Luzhin yang diperankan oleh John Turturro. Luzhin keliling Italia untuk bertanding dalam turnamen. Di sana ia bertemu dan jatuh cinta kepada Natalia Katkov (Emily Watson). Film yang cukup menegangkan ini sangat layak ditonton selama masa pandemi di tengah maraknya pemberitaan polemik catur Dewa Kipas.

8. Game Over: Kasparov and The Machine (2003)

Film catur Game Over Kasparov and the Machine (IMDB)

Berkisah tentang pertandingan raja catur Garry Kasparov melawan komputer buatan IBM bernama Deep Blue. Pertandingan melawan komputer dalam level tinggi itu begitu menegangkan, Kasparov harus melawannya dalam pertandingan final yang dramatis dalam film dokumenter ini.

9. Pawn Sacrifice (2014)

Film Catur Pawn Sacrifice (Amazon)

Film yang paling dinanti-nantikan pada masanya ini berkisah tentang Bobby Fischer dan lika-likunya dalam menuju kejuaraan internasional. Tobey Maguire berperan sebagai Bobby Fischer dan Liev Scheiber memerankan musuhnya, pecatur Rusia bernama Boris Spassky. Pawn Sacrifice mengeksplorasi mental Fischer yang diselimuti paranoia.

Demikian rekomendasi film catur terbaik yang harus ditonton selain miniseries Queen’s Gambit garapan Netflix.