Ini Dia Dadang Subur alias Dewa_Kipas yang Kalahkan GothamChess di Pertandingan Catur <i>Online</i>!
Pemilik akun Dewa Kipas (Tangkapan layar Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Dadang Subur yang menggunakan nama akun Dewa_Kipas di Chess.com mendadak viral karena berhasil menumbangkan pecatur bergelar IM atau International Master dalam sebuah pertandingan catur online.

Pecatur dunia yang ditumbangkan itu bernama Levy Rozman. Dia menggunakan nama akun bernama GothamChess. Kekalahan yang dialaminya membuat para penggemar kehilangan kesabaran hingga melaporkan akun Dewa_Kipas kepada pihak Chess.com dan dituding melakukan kecurangan.

Padahal pemilik akun Dewa_Kipas ini merupakan mantan anggota Percasi yang dulunya sering mengikuti berbagai turnamen. Dia juga pernah memenangkan kejuaraan catur di Singkawang.

“Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 kota Singkawang pada 2005,” kata Ali Akbar yang merupakan putra dari Dadang Subur, pemilik akun Dewa_Kipas.

Pertandingan yang berlangsung di platform catur Chess.com itu terjadi pada 2 Maret 2021. Berangnya para penggemar GothamChess atas kekalahan tersebut menimbulkan respon negatif yang berimbas pada pemblokiran akun Dewa_Kipas.

Berbeda dengan Dadang, Levy Rozman alias GothamChess merupakan seorang pecatur profesional bergelar master (IM). Rozman kerap menayangkan pertandingannya di platform Twitch. Dia juga seorang YouTuber dengan pengikut berjumlah 696 ribu subscriber.

Selain menayangkan pertandingannya secara live, GothamChes juga kerap memberikan sejumlah tips dalam bermain catur kepada para fansnya. Pelajaran catur yang dia berikan itu juga ditayangkan secara live.

Kejadian menghebohkan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna forum reddit. Topik ini juga sempat viral di Twitter. Kekalahan master catur dunia menghebohkan dunia maya.

Dewa_Kipas Sudah Main Catur Sejak dari Kuliah

Sebagian orang mungkin penasaran pada sosok Dadang Subur alias Dewa_Kipas. Kemunculannya di Chess.com yang mampu mengalahkan pecatur dunia merupakan fenomena tersendiri.

Faktanya, Dadang Subur mulai berkecimpung di bidang catur pada masa kuliah. Waktu itu ia bergabung dengan klub catur hingga kemudian mengikuti berbagai turnamen catur. Dadang pun memutuskan untuk pensiun pada tahun 2011, setelah kepindahannya ke Ibu Kota.

Putra Dadang Subur bernama Ali Akbar menegaskan bahwa ayahnya tidak melakukan kecurangan atau cheating dalam game catur online tersebut. Dia pun mengunggah sejumlah bukti, salah satunya adalah foto sang ayah yang sedang mencatat langkah catur ketika sedang bertanding di Chess.com. Ali mengaku menyarankan ayahnya untuk bermain di platform catur online tersebut.

Dia juga menambahkan bahwa sang ayah memulai debut catur onlinenya pada 12 Februari 2021. Ali mengatakan bahwa sang ayah memulai pertandingan catur online dari awal.

BACA JUGA:


“Sebagaimana halnya video game yang semuanya harus dimulai dari level satu, bapak saya pun harus mulai dari ELO 800 (peringkat paling rendah dalam chess.com). Nmaun, ELO bapak saya saat turnamen offline dulu tentu saja jauh melebihi itu (sekitar 2.500).”

Dalam waktu tiga minggu saja, Dadang Subur alias Dewa_Kipas telah meraih kemenangan sebanyak 232 pertandingan. Dia pun mengalami kekalahan sebanyak 90 kali dan mengalami remis 10 kali. Dengan jumlah kemenangan sebanyak itu, wajar saja jika Dewa_Kipas mampu memiliki rating ELO sebanyak 2.300.

Beberapa netizen menanggapi kejadian tersebut dengan menyarankan agar diadakan tanding ulang atau rematch dan ditayangkan secara live. Sampai saat ini Ali hanya berharap akun Chess.com bernama Dewa_Kipas milik sang ayah agar bisa dibuka lagi oleh platform tersebut.

“Untuk rematch belum ada rencana, karena pihak GothamChess juga belum berkomentar apa-apa. Saya tidak mengharapkan rematch. Hanya minta dibuka untuk blokirnya,” ungkap Ali.