Top! Pecatur GothamChess Dikalahkan Pak Dadang Asal Singkawang
Ilustrasi catur (Image by Steve Buissinne from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, kabar menghebohkan datang dari dunia catur online. Seorang pecatur Indonesia yang menggunakan nama akun Dewa_Kipas mengalahkan pemain catur dunia di Chess.com.

Pertandingan tersebut ditayangkan secara live di Twitch. Pecatur dunia yang harus mengakui kekalahannya itu bernama Levy Rozman atau “GothamChess”.

Sontak saja, kalahnya pecatur dunia oleh pecatur asal Singkawang, Indonesia ini menjadi bahan perbincangan yang menarik perhatian pengguna forum Reddit. Rozman terpaksa harus menelan pil pahit kekalahan dari Dewa_Kipas.

Sayang, setelah kekalahan yang menyakitkan itu, akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur justru diblokir. Informasi tersebut didapat dari Ali Akbar yang menunggahnya ke media sosial Facebook.

Ali merupakan putra dari Dadang Subur alias Dewa_Kipas yang menumbangkan pecatur dunia dengan nama GothamChess. Melalui postingan itu, Ali mengatakan bahwa akun sang ayah telah diblokir akibat direport oleh para penggemar fanatik GothamChess.

Pasalnya, pertandingan itu ditayangkan secara langsung di Twitch dan ditonton oleh ratusan ribu penggemar GothamChess. Levy juga kerap menayangkan pertandingan catur online-nya di YouTube.

Tangkapan layar pertandingan Dewa_Kipas vs GothamChess (Chess.com)

Sebagai informasi, GothamChess mempunyai followers sekitar 346.000 di Twitch. Dia juga sudah menyandang titel “IM” atau International Master di platform catur online Chess.com dengan rating ELO sebesar 2.400. GothamChess mempunyai followers sebanyak 19.000 di platform tersebut. Sedangkan Dewa_Kipas mempunyai ELO sekitar 2.300 dengan 8 follower dan belum mendapatkan titel.

Melalui postingannya, Ali menyatakan bahwa dirinya tidak terima ketika sang ayah diblokir karena mampu mengalahkan GothamChess. Menurutnya, tindakan tersebut merupakan bentuk penindasan dari sebuah akun besar di Chess.com yang mempunyai fans dalam jumlah yang banyak kepada akun kecil.

Ali mengungkapkan bahwa sang ayah adalah mantan pemain catur profesional. Dia juga yang menyarankan agar sang ayah bermain di Chess.com. Setelah itu, sang ayah ketagihan bermain catur di platform tersebut dan Dadang pun kerap bermain di Ranked Match hingga bertemu dengan pecatur profesional termasuk Levy. Ali pun menunjukkan sejumlah bukti bahwa ayahnya mantan pecatur profesional.

Di antara bukti-bukti itu, Ali menyertakan langkah bermain catur yang dicatat oleh Dadang hingga foto sang ayah ketika menjadi peserta di PON. Tidak hanya itu, Ali juga mengunggah piagam penghargaan catur sang ayah di Google Drive. Bukti-bukti ini kemudian dibagikan oleh seseorang di forum Reddit.

Di tengah ramainya pemberitaan ini, GothamChess pun menanggapi pernyataan Ali lewat akun Twitter @GothamChess. Dia mengungkapkan bahwa dirinya sudah menghubungi Ali dan berencana melakukan pembicaraan terkait masalah itu.

“Saya sudah berbicara dengan Ali Akbar, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas. Kami sepakat untuk mencari solusi yang positif. Kami akan melakukan pembicaraan lebih lanjut,” ungkap akun @GothamChess.

Sementara itu, pihak Chess.com mengungkapkan bahwa pemblokiran itu bukan karena laporan para penonton tapi merupakan hasil tinjauan yang dilakukan oleh tim platform catur online tersebut.