Ini Dia Bos Chess.com yang Putuskan Dewa_Kipas Main Curang
Danny Rensch, Chief Operating Officer (COO) Chess.com (dok. Chess.com)

Bagikan:

JAKARTA - Anomali Dewa_Kipas alias Dadang Subur menarik perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Danny Rensch, selaku Chief Operating Officer (COO) Chess.com.

Ia bahkan mengerahkan tim Fair Play untuk menganalisa permainan Dewa_Kipas yang memiliki akurasi sangat tinggi. Pergerakannya bahkan melebihi pemain top catur Indonesia.

"Kami bekerja dalam konteks pengalaman kami memahami sejauh apa level permainan pemain catur terbaik di dunia saat ini," kata Rensch seperti dikutip laman Wired, Kamis, 18 Maret.

Dikarenakan kemiripan langkah-langkah permainan catur Dewa_Kipas yang mirip bot ini. Tim memutuskan untuk mem-banned akun Dewa_Kipas karena berlaku curang.

Menurutnya penutupan akun bukan sesuatu hal yang istimewa. Sebab dalam penindakannya, ada ribuan akun Chess.com yang ditutup setiap harinya. 

Bergelar International Master

Danny sendiri merupakan jagoan catur, sebelum menjadi Chief Operating Officer di Chess.com. Ia pernah memegang rekor Master catur nasional termuda di Arizona saat berusia 14 tahun. 

Pada tahun 2004, Danny memperoleh sebutan International Master dan menjadi pemain catur usia 19 tahun dengan rating tertinggi di Amerika Serikat. Danny cukup sering menjadi komentator dalam pertandingan catur.

Bahkan di masa pandemi ini, Danny juga aktif menjadi streamer dan banyak menggelar edukasi catur secara online di YouTube.