Mengenal 10 Istilah Catur
Ilustrasi catur (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Dewa Kipas jadi trending dunia maya akhir-akhir ini. Namanya makin melejit ketika dia bertanding melawan Grand Master (GM) Irene Sukandar pada Senin kemarin yang disiarkan di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Pria bernama asli Dadang Subur itu harus mengakui ketangguhan GM Irene. Dia kalah telak 0-3 dan menolak untuk memainkan babak keempat karena tidak mempengaruhi hasil apapun. 

GM Susanto Megaranto dan Woman International Master Chelsie Monica Ignesias Sihite selaku komentator menyebut banyak istilah catur untuk menggambarkan jalannya pertandingan antara Dewa Kipas versus GM Irene.

Buat orang awam, istilah-istilah tersebut tentu masih sangat asing. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 istilah yang umum digunakan dalam catur. Beberapa di antaranya disebutkan komentator dalam laga Dewa Kipas vs GM Irene.

Pertahanan Caro-Kann

Pembukaan Caro-Kann ditandai dengan majunya pion putih ke petak e4 sebagai gerakan pertama, dan kemudian direspons oleh pecatur yang menggunakan bidak hitam dengan menggerakan pion ke petak c6 sebagai bentuk pertahanan. Ini merupakan pembukaan dan pertahanan catur yang paling populer.

Rokade

Gerakan khusus yang melibatkan raja dan benteng dengan warna yang sama. Notasi catur untuk rokade, dalam sistem notasi catur deskriptif dan aljabar, ialah 0-0 bila raja di samping benteng dan 0-0-0 bila ratu di samping benteng. Rokade merupakan penemuan catur abad ke-14/15 di Eropa, dan catur Asia tak memiliki aturan rokade.

Middlegame

Bagian dari sebuah permainan setelah bagian pembuka. Di bagian ini rencana mulai terbentuk berdasarkan posisi kemudian mulai beraksi.

London System

Pembukaan yang dianjurkan untuk pemula. Pada sistem ini tidak begitu banyak langkah taktis dan mengedepankan posisional buah catur.

Promotion 

Membuat ratu baru atau membuat bidak lain ketika sebuah pion mencapai kolom horizontal kedelapan.

Fork 

Situasi di mana sebuah bidak atau pion menyerang dua atau lebih bidak lawan secara bersamaan, tapi tidak secara horizontal, vertikal, maupun diagonal.

Gambit

Istilah ketika pemain mengorbankan satu atau lebih pionnya sebagai bagian dari strategi untuk mendapatkan keuntungan dalam gerakan selanjutnya.

Blunder

Langkah yang sangat buruk yang menyebabkan kehilangan banyak bidak bahkan hingga menyebabkan kekalahan.

Patzer

Pemain yang tidak ahli atau amatir. Kata ini berakar dari bahasa Jerman.

Fianchetto

Pemain memanfaatkan gajah untuk mengembangkan permainannya.