Teknik Catur Mematikan yang Harus Pemula Kuasai
Teknik Catur Mematikan (Gambar Randy Fath - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Trik catur mematikan adalah salah satu hal terutamanya dalam taktik untuk memenangkan permainan catur dengan lebih berkwalitas. Dengan mengaplikasikan trik itu, karenanya permainan akan lebih atraktif dan menyenangkan. Sebab mempunyai langkah yang diluar dugaan dan tentu saja benar-benar mengesankan.

Pada olahraga ini, permainan telah mempunyai modifikasi dan pembaharuan yang bisa mempermudah para pemain dengan istilah-istilah yang cukup dimengerti dan dipahami. Sebelum melakukan trik catur, para pemain seharusnya mempunyai taktik dan strategi yang matang untuk memakai trik itu.

Permainan ini benar-benar mengandalkan otak dalam melangkahkan buah catur sambil membaca permainan lawan. Karena, teknik dan ciri khas bermain catur tiap orang yang berbeda-beda, membikin para pemain mesti berdaya upaya berkali-kali untuk menyesuaikan diri, dan merancang taktik supaya permainan berjalan pantas dengan harapan.

Notasi Bahasa Catur

Notasi catur yaitu bahasa permainan yang mempermudah para pemain mengenal dan memahami buah dan pergerakan catur. 

Posisi kotak catur Horizontal atau deret ditandai dengan huruf (A, B, C, D, E, F, G, H), meski posisi kotak Vertikal atau kolom ditandai dengan angka (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8). Kemudian, untuk menandai para buah catur, para pemula dapat mengaplikasikan inisial dari huruf kapital buah bidaknya, yakni:

  • R: Raja
  • M: Menteri
  • G: Gajah
  • K: Kuda
  • B: Benteng
  • P: Pion, untuk pion penulisan inisial dalam permainan catur bisa digunakan atau dihilangkan.

Selain itu, catur juga memiliki simbol-simbol khusus dalam permainannya. Berikut ini adalah simbol khusus yang tersemat dalam permainan catur, yaitu:

  1. X: Memukul
  2. !: Langkah Bagus
  3. ?: Langkah Jelek
  4. ?!: Langkah Menarik
  5. !?: Langkah Meragukan
  6. !!: Langkah Sangat Bagus
  7. +: Check / Skak
  8. #: Checkmate / Skak Mat
  9. O - O: Rokade Pendek
  10. O - O - O: Rokade Panjang
  11. Setelah mengetahui notasi buah dan pergerakan catur, selanjutnya masuk ke dalam penjelasan jenis-jenis trik catur yang bisa digunakan oleh pemula.
Teknik Catur (Gambar  Felix Mittermeier - Unsplash)
Teknik Catur (Gambar Felix Mittermeier - Unsplash)

Teknik Catur Mematikan

Blackburn Shilling Trap

Keadaan ini bisa dipakai saat pemain menerima role catur berwarna hitam yang menerima langkah kedua sesudah warna putih. Karena, role kedua mempunyai ruang yang benar-benar sempit, trik ini memanfaatkan kelengahan lawan yang mempunyai langkah terutama dulu yang memakai buah catur yang kuat dalam menyerang.

Keadaan ini role hitam (sendiri) melanggar seluruh asas pembukaan untuk mengejutkan lawan dengan sekilas. Memang tampak agak ceroboh, tapi ini merupakan sebuah ilusi permainan untuk membikin skakmat dengan langkah yang kencang. Trik ini benar-benar sesuai dengan permainan ala Italia atau Giuoco Piano.

Berikut ini adalah ilustrasi langkah-langkahnya, yaitu: (1) Pe4 Pe5 (2) Kf3 Kc6 (3) Gc4 Kd4?! (4) KxPe5?! Mg5! (5) KxPf7 MxPg2 (6) Bf1 MxPe4+ (7) Ge2 Kf3#. Skakmat yang dibuat oleh Kuda membuat Raja tidak bisa bergerak ke mana-mana, karena ruang yang tertutup oleh 2 pion diserong kanan dan kiri, 1 Menteri di kiri, 1 Gajah di depan dan 1 Benteng di kanan.

Fried Liver Attack

Trik ini adalah jenis pertahanan sekalian menyerang dengan mengorbankan 2 buah catur untuk membuka ruang Gajah dan Menteri untuk menjalankan skakmat dengan kencang. 

Trik ini bisa dikerjakan pada permulaan babak permainan catur atau pembukaan catur. Berikut gambaran langkah-langkahnya :

  • Pe4 Pe5: Pion sendiri di kotak e2 bergerak ke e4 dan dibalas Pion lawan di kotak e7 ke e5.
  • Kf3 Kc6: Kuda sendiri di kotak g1 bergerak ke kotak f3 dan dibalas kuda lawan di kotak b8 ke kotak c6
  • Gc4 Kf6: Gajah di kotak f4 bergerak ke c4 kemudian dibalas oleh Kuda lawan dari g8 ke f6
  • Kg5 Pd5: Kuda sendiri di f3 melangkah ke g5 dan dibalas oleh Pion lawan dari d7 ke kotak d5
  • Pexd5 KxPd5: Pion sendiri memakan Pion lawan di kotak d5 yang kemudian dimakan kembali oleh Kuda lawan dari f6 ke d5
  • KxPf7 RxPf7: Kuda di g5 memakan Pion di kotak f7 dan dimakan kembali oleh Raja lawan dari kotak e8 ke f7
  • Mf3+ Rg8: Kemudian, Menteri melakukan ‘Skak’ dari kotak d1 ke kotak f3 dan kemudian Raja lawan menghindar ke posisi g8 yang ditinggalkan oleh Kuda lawan.
  • GxKd5+ MxGd5: Gajah di c4 memakan Kuda di kotak d5 yang merupakan langkah bagus dan membuat ‘Skak’ kemudian dibalas oleh lawan dengan Menteri lawan memakan Gajah di d5
  • MxMd5#: Terakhir Menteri sendiri memakan Menteri lawan dari f3 ke d5 dan menyebabkan ‘Skakmat’.

Legal Trap

Trik ini adalah jebakan yang dijalankan untuk menjebak Raja lawan dengan mengorbankan Menteri. Menteri diplot sebagai umpan oleh ruang yang ditinggalkan kuda dan membikin keadaan dua kuda dan gajah sendiri berada di depan zona lawan tanpa terkendali oleh para buah Catur lawan.

Keadaan ini memanfaatkan ancaman lawan yang menjadi serangan balik dengan kondisi pion lawan yang tak berkembang untuk menutup ruang untuk kuda dan gajah sendiri. 

Berikut merupakan gambaran langkah-langkahnya: (1) Pe4 Pe5, (2) Kf3 Kc6, (3) Gc4d6!? (4) Kc3 Gg4 (5) Ph3 Gh5? (6) KxPe5! GxMd1?? (7) GxPf7+ Re7 (8) Kd5#

Jebakan ini memerlukan taktik yang cukup mengorbankan buah catur untuk membuka ancaman dan membikin keadaan Skakmat dengan waktu singkat.

Jadi setelah mengetahui teknik catur mematikan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!