Bagikan:

YOGYAKARTA - Catur merupakan olahraga yang mengandalkan kemampuan berpikir dalam mengatur strategi. Tanpa mempunyai taktik, pemain catur hanya menggerakan bidak catur tanpa arah dan berpotensi tinggi terkalahkan oleh lawan. Ada beberapa strategi main catur yang perlu dikuasai oleh pemula.

Dalam permainan catur, setiap langkah atau gerakan bidang sangatlah krusial sehingga harus direncanakan dengan matang. Setiap pemain catur biasanya menyusun strategi atau taktik yang berbeda-beda. Dengan strategi yang brilian, pemain catur bisa menerobos pertahanan lawan, menjebak atau membuat perangkap, hingga memakan bidak-bidak milik lawan. 

Selain itu pemain catur harus bisa membaca atau mengantisipasi serangan dan pergerakan dari bidak lawan. Meski bukan pecatur profesional, pemain pemula tetap harus menerapkan strategi main catur supaya bisa menang. 

Strategi Main Catur bagi Pemula

Berikut ini beberapa strategi permainan catur yang bisa diaplikasikan oleh pemain pemula:

Langkah Awal yang Cermat

Langkah awal dalam permainan catur memiliki peran yang sangat krusial. Oleh karena itu, pemain pemula perlu memahami beberapa trik pembukaan awal dalam bermain catur. Misalnya dengan menjalankan langkah pion e4 atau d4. 

Melakukan langkah awal secara cermat dan terukur akan menjadi fondasi yang kuat untuk pergerakan selanjutnya dan selama pertandingan. Usahakan untuk mengeksplorasi gerakan bidak catur dengan cepat namun dengan penuh pertimbangan, seperti memindahkan menteri dan kuda ke posisi strategis, serta menjaga kendali papan catur.

Menempatkan Perwira, Menteri, dan Kuda di Posisi Strategis

Bidak perwira dalam catur sama seperti menteri dan kuda, yang mana memiliki pergerakan yang unik. Pecatur pemula perlu memahami pentingnya menempatkan perwira secara cermat dan tepat. 

Sementara menteri bisa memiliki peran kuat ketika ditempatkan di tengah papan yang terbuka. Bidak kuda lebih efektif dalam pertempuran jarak dekat. Pelajari gerakan dan peran perwira untuk mengoptimalkan kolaborasi pergerakan bidak-bidak lainnya dalam permainan.  

Fokus Menyerang ke Arah Raja Milik Lawan

Raja adalah bidak paling berharga dalam permainan catur. Sebagai pemula, Anda harus fokus pada penyerangan terhadap raja lawan. Cari celah atau kelemahan dalam pertahanan raja lawan dan manfaatkan celah yang ada untuk mengancam atau menyerangnya. Arahkan pergerakan bidak dengan cermat untuk melancarkan serangan yang efektif dan mengancam keamanan raja lawan.

Fokus Menjaga Raja secara Ketat

Selain menyerang raja lawan, pemain juga harus tetap fokus menjaga keamanan raja sendiri. Jangan biarkan area sekitar bidak raja dalam kondisi terlalu terbuka karena mengakibatkan rentan terkena serangan lawan. Lindungi raja Anda dengan menempatkan beberapa bidak dan bentuk pertahanan yang solid di sekitarnya. Selalu amati pergerakan lawan yang berpotensi mengancam posisi raja.

Mendominasi Papan Pusat

Mengingat permainan catur seringkali dimenangkan oleh pemain yang dapat menguasai pusat papan, maka Anda perlu melakukan pergerakan untuk mendominasi papan pusat. Dengan mengontrol pusat papan, bidak catur Anda memiliki fleksibilitas untuk bergerak ke berbagai arah. Sementara lawan akan kesulitan menemukan posisi yang kuat untuk penempatan bidaknya. Jangan hanya terpaku pada satu sisi papan catur, namun jangan abaikan kendali atas pusat permainan.

Demikianlah ulasan mengenai strategi main catur bagi pemula yang bisa diterapkan untuk memenangkan pertandingan. Selain fokus menjalankan strategi yang tepat, pemain juga harus mengamati dan memperhitungkan pergerakan bidak lawan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.