Teknik Dasar Olahraga Berkuda yang Harus Dikuasai Joki Pemula
Atlet Berkuda di Indonesia (Instagram @makbar_kurniawan)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahrag berkuda banyak digemari orang karena menawarkan pengalaman menantag yang memacu adrenalin. Namun untuk melakukan olahraga berkuda tidaklah semudah hanya sekedar naik di punggung kuda. Ada beberapa teknik dasar olahraga berkuda yang harus dikuasai.

Berkuda merupakan olahraga yang sudah eksis sejak dulu. Olahraga ini kerap diadakan dalam ajang kompetisi pacuan kuda. Tidak hanya di gelanggang pacuan, kegiatan berkuda juga biasa ditawarkan di sejumlah tempat wisata. Selain menyenangkan, olahraga berkuda juga menyajikan pengalaman baru bagi Anda yang mencari olahraga tidak biasa. 

Teknik Dasar Olahraga Berkuda

Apabila Anda ingin mencoba olahraga berkuda, maka ada beberapa keterampilan berkuda yang harus dipelajari. Baik berkuda untuk sekadar kegiatan maupun menjadi atlet profesional tetap dituntut untuk menguasai teknik dasar olahraga berkuda. 

Berikut teknik-teknik dasar berkuda yang harus dikuasai:

Naik Kuda

Keterampilan berkuda yang harus dikuasai lebih dulu adalah naik ke punggung kuda. Seorang pemula biasanya akan merasa ragu dan takut ketika ingin naik ke atas kuda. Ketakutan yang biasa muncul karena cemas kuda akan bergerak mengelak hingga takut menyakiti kuda. 

Untuk bisa naik ke punggung kuda dengan lancar dan tenang memang diperlukan cara khusus. Anda bisa memulai naik kuda dari sisi kiri karena kekuatan pijakan kaki biasanya ada di kaki kanan. Jadi Anda bisa melakukan hentakan atau tolakan lebih baik untuk naik ka punggung kuda. 

Saat melaukan hentakan untuk naik ke atas kuda, pastikan melakukan pegangan tangan yang kuat. Satu kali loncatan biasanya akan langsung dalam posisi duduk di punggung kuda. Namun perhatikan juga jangan melakukan loncatan terlalu kuat atau kencang agar tidak merosot dan melewati sisi sebelah lain kuda. 

Jalan Biasa

Teknik berkuda selanjutnya yang harus Anda kuasai adalah jalan biasa. Saat awal melakukan olahraga berkuda, jangan terburu-buru ingin menjalankan kuda dengan cepat. Untuk menggerakkan kuda, perlu diawali dengna jalan biasa terlebih dahulu untuk menjaga kestabilan dan ritme gerakan kuda. 

Cara menggerakan kuda untuk jalan biasa bisa dilakukan dengan hentakkan pelan kedua kaki ke perut kuda. Kuda pun akan mulai berjalan maju dengan sendirinya. Pastikan saat mulai menggerakan kuda, posisi duduk Anda sudah nyaman dan seimbang. Selain itu, pijakan kaki juga dilakukan dengan tahap yang ringan. 

Lari Biasa

Apabila Anda sudah terbiasa menggerakkan kuda dengan jalan biasa, maka selanjutnya Anda perlu menguasai teknik lari biasa. Anda perlu latihan menunggangi kuda dengan lari biasa secara perlahan. Untuk melakukannya, pastikan Anda merapakatkan kedua kaki ke badan kuda. Kudapun akan mulai berlari dengan kecepatan normal atau standar. 

Saat kuda mulai berlari, pegang tali kendali agak pendek dan ikuti irama kepala kuda. Pastikan Anda tenang dan konsentrasi saat mengendalikan kuda yang berlari karena kebanyak pemula kesulitan dalam tahap ini. Anda juga perlu mengatur irama loncat duduknya agar teratur mengikuti langkah kuda. 

Lari Cepat

Saat Anda sudah menguasai lari biasa, teknik selanjutnya yang harus dipelajari adalah lari cepat. Untuk menunggang kuda lari cepat, kedua kaki Anda perlu dirapatkan secara ketat ke badan kuda. Begitupun dengan merapatkan kedua paha di bawah pelana. Cara ini dilakukan untuk membuat pantat joki bisa terangkat melayang saat kuda berlari kencang. 

Saat kuda mulai berlari cepat, Anda perlu menyesuaikan dua ketukan panjang pada suara kaki kuda. Sementara kedua tangan Anda fokus memegang tali kendali secara kuat untuk menyesuaikan irama kepala kuda yang maju dan mundur. Joki pemula lebih baik mengarahkan kuda dalam laju lurus. 

Apabila Anda sudah mulai menguasai lari cepat, Anda bisa berlati teknik untuk berbelok. Saat kuda berlari kencang dan berbelok, Anda perlu menjaga keseimbangan dan kelurusan tubuh. Kuda bisa berbelok secara kuat hingga 60-90 derajat dengan kecepatan 20 km/jam. 

Demikianlah teknik dasar olahraga berkuda yang perlu Anda kuasai. Bagi pemula, lebih baik Anda mempelajari teknik berkuda secara perlahan atau bertahap hingga benar-benar menguasainya. Apabila Anda merasa kesulitan, Anda bisa berlatih kepada instruktur. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.