Istilah dalam Permainan Catur: Pemula Wajib Banget Baca!
Istilah Dalam Permainan Catur (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat belajar tentang permainan catur, terkadang kita menemukan kata dan frasa yang sulit dipahami. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami istilah dalam permainan catur ndan frasa dasarnya jika kita ingin maju lebih jauh dalam studi kita. 

Ini akan memungkinkan kita untuk lebih menafsirkan analisis, buku catur, dan sumber daya lainnya dengan sedikit atau tanpa kerumitan. Dengan itu, inilah 50 istilah dalam permainan catur yang harus diketahui setiap pemula:

Istilah Dalam Permainan Catur

Istilah dalam bermain catur (Unsplash)
Istilah dalam bermain catur (Unsplash)

 

  1. Aktivitas

Ini mendefinisikan kebebasan bergerak atau mobilitas bidak catur. Setiap bidak yang aktif memiliki kemungkinan yang lebih baik untuk mempengaruhi hasil permainan secara positif, dibandingkan dengan bidak yang tidak aktif (piece yang kurang berkembang, terhalang, atau sempit). Sebuah bidak aktif adalah cara utama untuk menilai posisi catur.

  1. Penundaan

Game over-the-board mungkin ditunda jika tidak diselesaikan dalam satu sesi. Setelah permainan ditunda, satu pemain harus menyegel langkah mereka selanjutnya di dalam amplop untuk merahasiakannya. Amplop tersegel hanya terungkap setelah permainan dilanjutkan pada waktu yang ditentukan.

Penundaan adalah kejadian langka hari ini karena penyelenggara turnamen lebih suka mengakhiri pertandingan yang panjang bahkan dalam satu sesi. Tingkat permainan yang dibutuhkan oleh sebagian besar turnamen internasional adalah 40 gerakan dalam 2 jam, 20 gerakan dalam satu jam, dan untuk sisa permainan, pemain mendapatkan 30 menit tambahan. Bagian terakhir dari kontrol waktu adalah kematian mendadak, yang tidak memerlukan penundaan.

  1. Keuntungan

Istilah ini mendefinisikan potensi kemenangan suatu warna (atau satu sisi permainan catur). Ini biasanya didasarkan pada posisi bidak catur di papan tulis. Jika satu warna (atau satu sisi) tampaknya memenangkan permainan, maka sisi tersebut dikatakan memiliki nilai tambah, tarikan, keunggulan, atau 'keuntungan'.

  1. Serang

Upaya koordinasi untuk secara agresif mendapatkan keuntungan. Tujuan utama dari sebagian besar serangan adalah untuk skakmat raja lawan. Serangan yang dilakukan dengan hati-hati biasanya memaksa lawan untuk mengorbankan bidak sebagai pertahanan atau menerima kelemahan yang mengarah pada keuntungan bagi serangan lawan.

  1. Blokade

Metode taktis dan umpan khusus. Istilah ini mendefinisikan skenario di mana kemajuan bidak dicegah dengan menempatkan bidak tepat di depan pion.

  1. Pion Mundur

Ini adalah pion yang tidak dapat dilindungi oleh pion lain di sisinya, karena mereka telah bergerak jauh ke depan. Pion mundur adalah kelemahan utama dalam posisi catur karena memiliki lebih banyak peluang untuk diserang. Pertahanannya membutuhkan bidak yang lebih baik terlibat dalam rencana lain.

  1. Uskup yang buruk

Ini adalah uskup yang gerakannya biasanya berkurang, karena pion ramah yang diposisikan pada kotak berwarna sama.

  1. Skakmat

 Posisi di mana raja tidak memiliki peluang untuk menghindari penangkapan. Ini adalah tujuan akhir dari permainan catur.

  1. Tutup

Ini adalah istilah yang mendefinisikan posisi di mana pion menghalangi pergerakan bidak di sekitar area tertentu atau seluruh papan. Ini adalah kebalikan dari posisi terbuka.

  1. Kombinasi

 Ini adalah eksploitasi taktis posisi (gerakan paksa) yang mengarah pada keuntungan pemain.

  1. Sempit

Ini adalah kualitas posisi catur, yang mencegah kebebasan bergerak atau mobilitas bidak yang ditempatkan di belakang pion dengan warna yang sama. Posisi sempit berarti ada kekurangan ruang. Jika posisi pemain sempit, maka pemain tidak memiliki kebebasan untuk bergerak (dibandingkan dengan lawannya).

Seorang pemain yang sempit tidak dapat beralih permainan dari bagian papan tertentu ke bagian lain, secepat yang dilakukan lawan. Posisi sempit adalah salah satu elemen utama dalam menilai posisi catur.

  1. Pengembangan

Ini adalah metode memindahkan bidak dari tempat asalnya ke posisi di mana bidak ini dapat membantu pemain dengan lebih baik.

  1. Pion Ganda

  Ini berarti dua pion berwarna sama pada file yang sama. Hal ini biasanya dipandang sebagai kerugian karena pion tidak bisa saling membela.

  1. Tunangan

  Ini adalah posisi catur, yang dikembangkan dengan mengembangkan uskup pada diagonal panjang, khususnya kotak g2 dan/atau b2. Ini adalah posisi yang cukup kuat, karena uskup dapat memberikan tekanan maksimum di sepanjang diagonal terpanjangnya. Istilah ini berasal dari 'fianco,' kata Italia yang berarti 'flank.'

  1. Berkas

  Ini adalah deretan kotak vertikal (bawah dan atas). Raja kedua pemain memulai permainan pada file yang sama.

  1. Ikan

Ini mengacu pada pemain catur yang buruk.

  1. Dipaksa

Serangkaian gerakan atau satu gerakan diperlukan untuk mencegah hasil yang buruk.

  1. Gambit

Ini adalah pengorbanan material spekulatif untuk beberapa kompensasi, sebagai keuntungan. Gambit biasanya melibatkan pengorbanan pion atau bidak kecil ketika permainan telah mencapai fase kompleks (seperti permainan tengah atau pembukaan). Langkah ini menantang, tetapi mungkin untuk dilawan. Pengorbanan materi yang jelas untuk keuntungan yang nyata dikenal sebagai kombinasi, bukan langkah awal.

  1. Grandmaster

Seorang pemain catur berperingkat tinggi dan luar biasa.

  1. Kuda

Ini adalah kata informal yang mengacu pada seorang ksatria. Kata ini biasanya digunakan oleh pemain muda.

  1. Pelopor

 Ini mengacu pada langkah yang buruk. Ini adalah kesalahan yang mengabaikan respons taktis yang jelas. Ini juga disebut sebagai blunder.

  1. Teman

Ini adalah versi singkat dari skakmat. Ini berarti seorang raja tidak memiliki kesempatan untuk menghindari penangkapan.

  1. Bahan

Ini mengacu pada bidak catur. Pemain yang memiliki potongan bernilai lebih baik yang tersisa untuk dimainkan memiliki keuntungan materi. Bahan adalah kualitas utama lain yang digunakan untuk menilai posisi catur.

  1. Permainan Tengah

Ini adalah fase kedua dari sebuah permainan, tepat setelah pembukaan dan sebelum pertandingan akhir. Di tengah permainan, potongan telah selesai berkembang atau hampir selesai, dan banyak potongan telah diperdagangkan atau ditangkap saat pemain memulai rencana atau strategi kreatif.

  1. Buka

Ini berarti posisi di mana pion tidak menghalangi bidak untuk bergerak di bagian tertentu atau seluruh papan. Ini adalah kebalikan dari posisi tertutup.

  1. Pembukaan

Ini mengacu pada fase awal permainan sebelum permainan tengah dan akhir. Pada fase ini, pemain berusaha untuk mengembangkan bidak mereka dengan cepat, mencoba mendapatkan ruang bagi bidak untuk bergerak, dan mulai membawa raja mereka ke tempat yang aman. Berbagai kalimat pembuka yang menarik didokumentasikan dan dianalisis secara ekstensif dalam database dan teks komputer.

  1. Di atas papan

Ini mengacu pada bermain catur di papan catur, bukan melalui email atau pos.

  1. Pion Lulus

Ini adalah keuntungan dalam permainan catur, di mana kemajuan bidak tidak terhalang atau dijaga oleh bidak musuh.

  1. Posisi

Ini mengacu pada pengaturan bidak catur. Pemain yang memiliki penempatan bidak yang lebih baik memiliki ‘keunggulan posisi.’

  1. Promosi

Setelah pion mencapai peringkat terakhir, pemain dapat menggantinya dengan ksatria, uskup, benteng, atau ratu pilihan mereka. Jika pion bertahan dan mencapai peringkat terakhir, pion tersebut akan mendapatkan promosi ke bidak yang bernilai lebih tinggi.

  1. Merajai Pion

Ini adalah skenario unik dari promosi bidak ke ratu. Istilah ini biasanya digunakan untuk mendefinisikan promosi secara umum, karena pion biasanya dipromosikan menjadi ratu.

  1. Peringkat

Ini mengacu pada baris kotak horizontal (kanan ke kiri). Semua pion memulai permainan dari peringkat kedua pemain.

  1. Peringkat

Ini mengacu pada kemampuan pemain, biasanya skor numerik.

  1. Pengorbanan

Sengaja kehilangan bagian untuk mendapatkan keuntungan potensial.

  1. Gerakan Tertutup

Ini adalah cara diam-diam merekam langkah selanjutnya dalam game yang ditunda (sampai game dilanjutkan di lain waktu).

  1. Ruang

Ini mengacu pada posisi catur yang memungkinkan kebebasan bergerak yang lebih baik atau mobilitas yang lebih baik untuk bidak yang diposisikan di belakang pion. Ini adalah kebalikan dari sempit.

Jika posisi pemain terlihat memiliki lebih banyak ruang, maka itu berarti pemain memiliki lebih banyak kebebasan untuk bergerak dibandingkan dengan lawannya. Pemain dengan ruang yang lebih baik dapat dengan mudah mengalihkan permainan dari satu ujung papan ke ujung lainnya, dengan lebih cepat.

  1. Mate Tercekik

Ini adalah frasa yang mendefinisikan skakmat di mana tidak ada jalan keluar, karena bagiannya sendiri menghalangi rute pelariannya.

  1. Kebuntuan

Ini mengacu pada permainan yang berakhir seri, karena tidak ada langkah legal yang tersisa.

  1. Strategi

Istilah ini mendefinisikan proses berpikir yang biasa diperlukan untuk merencanakan permainan catur. Strategi lebih berkaitan dengan gerakan yang akan dilakukan di masa depan yang jauh daripada menghitung langkah selanjutnya.

  1. Belajar

Ini mengacu pada posisi permainan akhir yang tersusun, di mana pemikiran yang signifikan dan permainan yang cerdas diperlukan untuk mengakhiri permainan dengan hasil imbang atau kemenangan. Komentator biasanya mengacu pada posisi sebagai studi jika luar biasa artistik dan/atau sulit.

  1. Kematian Mendadak

Ini adalah durasi waktu dalam permainan catur di mana semua gerakan yang tersisa harus diselesaikan. Tingkat permainan yang biasa di sebagian besar turnamen internasional adalah 40 gerakan dalam 2 jam, 20 gerakan dalam 1 jam, dan 30 menit untuk sisa permainan. 30 menit terakhir untuk menyelesaikan sisa permainan disebut kematian mendadak.

  1. Taktik

Ini adalah istilah yang mengacu pada urutan gerakan pendek, termasuk ancaman dan kontra-ancaman.

  1. Tempo

Ini mengacu pada belokan saat bergerak. Ini berarti waktu catur sebagai lawan waktu jam. Ini adalah sedikit keuntungan atau inisiatif pada waktunya untuk mengejar rencana seseorang. Ini juga disebut setengah langkah atau ply dalam terminologi catur komputer. Ini berarti ritme karakteristik atau tingkat permainan catur.

  1. Kontrol Waktu

Ini menunjukkan batas waktu yang harus dimiliki seorang pemain catur untuk menyelesaikan sejumlah gerakan tertentu.

  1. Masalah Waktu

Ini mengacu pada situasi di mana seorang pemain harus menyelesaikan jumlah gerakan yang tidak proporsional sebelum kontrol waktu.

  1. Di Bawah Promosi

Ini berarti pion dipromosikan menjadi bidak selain ratu. Seorang pemain dapat kurang mempromosikan pion untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik atau untuk menghindari jalan buntu.

  1. Kelemahan

Ini berarti cacat dalam posisi, misalnya, uskup yang buruk, kekurangan ruang, pion yang terhalang, atau cacat lain yang meningkatkan peluang kalah.

  1. Menang

Ini terjadi ketika pemain yang menang melakukan skakmat atau menerima pengunduran diri lawan sebelum skakmat. Kemenangan biasanya terjadi ketika lawan membuat kesalahan atau kesalahan detik terakhir.

  1. Posisi Kemenangan

Ini mengacu pada posisi catur dari mana seorang pemain harus menang dengan permainan yang benar. Ada banyak posisi pemenang yang menantang yang masih bisa berakhir seri atau kalah dengan permainan waspada oleh lawan.

  1. Tukang Kayu

Istilah ini mengacu pada pemain catur yang buruk.

Setelah mengetahui 50 istilah dalam permainan catur, simak berita menarik lainnya di VOI, Saatnya merevolusi pemberitaan!