Bagikan:

YOGYAKARTA – Selancar atau surfing merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem yang membutuhkan keahlian khusus. Kendati terlihat mudah, tidak semua orang bisa berdiri di papan selancar dan melintasi permukaan air hingga ombak pecah dan kehilangan energinya. Bagi Anda yang ingin mengikuti panggilan laut, teknik olahraga selancar menjadi kunci keberhasilan di atas papan yang melayang melintasi ombak.

Lantas, apa saja teknik olahraga selancar yang perlu dikuasai oleh pemula? simak informasinya berikut ini.

Teknik Olahraga Selancar

Telah disinggung di atas bahwa selancar termasuk olahraga ekstrem. Oleh sebab itu, dibutuhkan mental yang kuat agar dapat bertarung melawan ombak laut yang tinggi.

Selain itu, Anda juga perlu melatih kekuatan otot tangan dan kaki supaya dapat mengendalikan papan surfing dan melakukan manuver di atas ombak.

Jika kedua hal tersebut sudah Anda kuasai, langkah berikutnya adalah mempelajari teknik olahraga selancar yang tepat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah teknik olahraga selancar yang harus dikuasi oleh pemula.

  • Memilih papan selancar: Bagi pemula, disarankan untuk memilih papan selancar yang panjang dan cukup lebar. Hal ini untuk memudahkan peselancar pemula dalam mengendalikan dan menjaga kesimbangan di atas ombak atau air.
  • Paddling: Padling adalah teknik mendayung di atas papan selancar. Teknik ini dilakukan agar peselancar dapat menangkap ombak. Cara melakukannya yakni, berbaring tengkurang di atas papan surfing dengan posisi kedua tangan mendayung atau mengayuh. Saat melakukan paddling, lengkungkan sedikit tubuh bagian depan ke atas untuk memudahkan gerakan mendayung.
  • Pop up: Pop up adalah gerakan berdiri setelah paddling. Gerakan ini harus dilakukan dengan cepat dan posisikan tubuh Anda menghadap ke samping. Umumnya, kaki kanan berada di belakang papan selancar, sedangkan kaki kiri Anda berada di dekat bagian tengah papan selancar.
  • Stand up: Ini adalah teknik berdiri di atas papan surfing. Teknik ini memerlukan keseimbangan agar tidak tergulung ombak. Kunci keberhasilan teknik stand up adalah tenang, pandangan lurus ke depan, serta hindari berdiri tegak di atas papan surfing.
  • Hunchback: Hunchback adalah teknik menjaga kesimbangan ketika berdiri di atas papan surfing. Saat berdiri di papan selancar, usahakan tubuh sedikit membungkuk agar dapat menjaga keseimbangan dan mengendalikan ombak dengan baik.
  • Board control: Teknik ini perlu dilakukan agar peselancar dapat melakukan manuver-manuver di atas ombak. Diperlukan keseimbangan dan pijakan kaki yang kuat agar papan selancar dapat meluncur dengan stabil di atas permukaan air.
  • Memutar papan: Putarlah papan saat tubuh Anda berada dalam posisi duduk di atas papan surfing. Teknik ini dilakukan dengan menendangkan kaki dan bersiap-siap melakukan kayuhan. Ketika gelombang datang, pastikan tubuh dalam posisi siap menangkap ombak untuk selanjutnya mendekati puncak ombak supaya tidak tergulung.
  • Mengendarai ombak: Jika gelombang miring dan ombak tergolong lemak, gerakan kayuhan bisa dilakukan dari sudut sebelah kanan atau kiri. Gerakan kayuhan akan membantu Anda untuk tetap berada di depan ombak dan memanfaatkan energi gelombang.
  • Memilih spot yang sesuai dengan kemampuan: Untuk pemula, Anda disarankan memilih tempat dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Usahakan memilih pantai dengan ketinggian gelombang sekitar 1 sampai dengan 2 kaki saja.

Demikian informasi tentang teknik olahraga selancar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.