Bagikan:

YOGYAKARTA - Bali merupakan sebuah daerah di Indonesia yang Namanya sudah mendunia. Soalnya banyak yang bilang tanah di sana seperti surga. Selain budaya dan kulinernya yang menarik perhatian, di sana banyak juga destinasi Pantai yang bisa digunakan untuk berselancar. Nah kali ini kita bakal membahas soal waktu terbaik surfing di Bali yang tepat. Yuk kita bahas di sini!

Bali Merupakan Surga Untuk Para Surfer Sejak Tahun 1930-an!

Bali selalu ada dalam catatan spot berselancar yang wajib didatangi oleh para peminat surfing di dunia. Baik Kalian seorang pendatang baru yang mau mencoba buat berdiri diatas papan selancar di atas ombak pertama Kalian ataupun seorang surfer yang telah terampil serta berharap buat menemui ombak besar di salah satu spot legendaris di Bali, apalagi seorang profesional juga masih akan bisa menemui kejutan tidak terlupakan dari spot surfing di Bali.

Surfing sudah jadi salah satu atraksi utama Bali semenjak beberapa dekade. Serta Kuta merupakan tempat semuanya dimulai. Surfer internasional pertama di Bali, serta sukses memperkenalkan Bali selaku destinasi selancar dunia yang pantas buat didatangi yaitu seorang ekspatriat Amerika bernama Robert Koke, pada awal tahun 1938.

Sambil bekerja selaku juru foto, dia sudah belajar metode surfing di Hawaii. Dia tiba ke Bali buat pertama kalinya pada tahun 1936 bersama istrinya, Louise, dan langsung jatuh cinta dengan keelokan Pulau Dewata di kala itu. Mereka setelah itu memutuskan buat kembali serta menetap, dan membangun hotel tepi pantai untuk para peselancar dunia di area Pantai Kuta. Dimana Kuta akhirnya terus berkembang dengan luar biasa sampai saat ini selama lebih dari 8 dekade saat ini. Akomodasi mereka bernama Kuta Beach Hotel. Pada bulan Desember 1938 Robert menerima beberapa papan surfing bergaya Waikiki yang dia pesan dari Amerika Serikat.

Ilustrasi Selancar (Gambar Jeremy Bishop-Unsplash)
Ilustrasi Selancar (Gambar Jeremy Bishop-Unsplash)

Waktu Terbaik Surfing di Bali

Pada bulan April sampai Oktober jadi waktu untuk peselancar kelas dunia buat berkunjung ke Bali serta melaksanakan surfing. Terkhusus di pantai sisi barat serta semenanjung bukit (Uluwatu, Bingin, ataupun Padang-Padang) akan mengalami gelombang besar dari selatan serta angin pasat konsisten dari tenggara.

Tetapi, waktu paling pas buat mendapatkan gelombang yaitu pada bulan Juli sampai Agustus. Sedangkan musim hujan, dari November hingga Maret gelombang ombak mengecil serta angin cepat berubah arah.

Tetapi, berbeda di pantai sisi timur. Pantai sisi timur pada musim hujan bisa jadi pilihan tempat surfing terbaik di Bali.

Jadi, kapan pun kalian datang, kalian tetap dapat berselancar. Maksudnya Bali menyediakan lokasi berselancar sepanjang tahun.

Tempat Surfing Populer di Bali

Tiap pantai di Bali mempunyai ombak yang berbeda. Ombak yang menantang inilah yang dicari-cari. Tetapi, tidak semua pantai ramah buat pemula.

Kemudian di mana pantai terbaik buat surfing di Bali?

I. Pemula–Menengah

Pantai buat surfing terbaik di Bali yang ramah pemula, yakni Kuta, Legian, serta Seminyak.

II. Profesional

Namun, untuk kalian yang sudah terbiasa berselancar, berpengalaman, serta pencari tantangan, pantai bagian barat serta selatan pulau Bali pula semananjung bukit bisa jadi pilihan terbaik.

Perihal ini sebab pantai sisi barat memiliki gelombang sangat menantang, banyak, serta tinggi. Seperti di Canggu ataupun Kuta Reef Left Barrel. Tidak hanya di situ, Uluwatu, Bingin, serta Padang-padang pula memiliki ombak tak kalah fenomenal dan memacu adrenalin.

Untuk kalian yangmasih tergolong pendatang baru di olahraga selancar kalian perlu membaca: “9 Tenik Olahraga Selancar yang Wajib Dikuasai Pemula”.

Jadi setelah mengetahui waktu terbaik surfing di Bali, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!