Bagikan:

YOGYAKARTA - Salah satu tempat popular bagi para pendaki pemula yang ada di Jawa Barat, yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lantas, apakah gunung gede cocok untuk pemula? Yuk kita bahas di sini!

Usut punya usut, rupanya mendaki di Gunung Gede memang cocok dilakukan bagi kalian yang baru pertama kali melakukan kegiatan semacam itu.

Apakah Gunung Gede Cocok Untuk Pemula?

Alasannya, Gunung Gede-Pangrango ini mempunyai medan yang relatif gampang ditempuh dan ketinggian gunung yang lumayan rendah dibandingkan gunung-gunung di Pulau Jawa yang lain.

Gunung Gede-Pangrango mempunyai 2 puncak, yakni Puncak Gede di Gunung Gede dengan ketinggian 2.958 m di atas permukaan laut (dpl) serta puncak MAndalawangi di Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 m dpl. Jalan pendakian Gunung Gede Pangrango mempunyai 3 pintu masuk yakni di Cibodas, Gunung Putri serta Salabintana di Sukabumi.

Jalan pendakian termudah yang bisa dipilih yaitu lewat pintu masuk Cibodas. Dekat dengan kawasan wisata Puncak, sehingga banyak transportasi umum yang bisa dipilih. Tidak hanya itu, jalan pendakian lewat Cibodas lebih gampang ditempuh daripada jalan Gunung Putri ataupun Salabintana, sebab jalan ini mengambil jalur melingkar sehingga tidak banyak medan vertikal yang mewajibkan Kalian buat memanjat semacam di jalur Gunung Putri. Tetapi memang, pendakian jalur Cibodas memerlukan waktu yang lebih lama.

Pendakian mengarah puncak Gede lewat jalur Cibodas biasanya memerlukan waktu sekitar 7 sampai 10 jam untuk pendaki pemula, menempuh jarak 9,7 km dari Cibodas. selama jalur pendakian, banyak ditemui pos-pos yang bisa digunakan buat istirahat ataupun berkemah.

Hendaknya lakukan pendakian pada malam hari, sekitar jam 7 ataupun jam 8 malam, sebab dengan begitu Kalian bakal sampai di Puncak Gede pada saat pagi hari, sehingga bisa melihat panorama alam matahari terbit di atas puncak gunung, yang menerangi panorama kawah gunung gede serta hamparan Kota Cianjur-Bogor dari kejauhan.

Sehabis melihat matahari terbit, lanjutkan ekspedisi sekitar satu jam ataupun 2 km ke arah Alun-Alun Surya Kencana. Kalian bisa berkemah di kawasan ini, sebab terdapat sumber air alami di sini. Yang sangat istimewa dari tempat ini adalah

ada padang bunga abadi, Edelweiss seluas 50 hektare yang sangat indah. tidak perlu takut kehilangan makanan, uniknya di Puncak Gede tiap pagi Kalian bisa dengan gampang menemui penjual nasi uduk dengan dagangannya yang masih hangat.

Pendakian Gunung Gede sangat mudah dilakukan serta juga terjamin keamanannya, terlebih saat ini pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengetatkan peraturan seputar kuota jumlah pendaki yang boleh mendatangi tempat ini. Hal ini perlu dilakukan supaya kebersihan halaman nasional ini senantiasa terpelihara dengan baik.

Pelarangan Membawa Botol Air Minum Kemasan serta Tisu Basah Dalam Kawasan Pendakian

Pelarangan ini pasti bukan tanpa sebab. Tingginya sampah botol serta tisu basah di gunung menimbulkan pihak taman nasional bertindak tegas. Tidak tanggung-tanggung, grupnya menghasilkan kebijakan buat tidak membawa AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) serta tisu basah yang mulai berlaku sejak tahun 2017. Sebabnya pasti buat kurangi jumlah sampah yang makin memprihatinkan di kawasan gunung gede.

Aturan Naik Gunung Gede Pangrango

Sebelum kalian menaiki Gunung Gede, setiap calon pendaki mesti menaati syarat pendakian yang dikeluarkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan ketentuan berikut:

  1. Telah mendaftar dan mendapatkan izin pendakian resmi. 
  2. Menunjukkan identitas resmi misalnya KTP. 
  3. Pendaki usia kurang dari 17 tahun wajib melampirkan Surat Izin Orang Tua/Wali yang ditandatangan diatas materai dan copy identitas orang tua/wali.
  4. Jumlah pendaki dalam satu kelompok minimal tiga orang. 
  5. Lapor pada pintu masuk dan pintu keluar pendakian.
  6. Wanita yang sedang mengalami menstruasi atau hamil disarankan untuk tidak melakukan pendakian. 
  7. Menggunakan perlengkapan pendakian yang sesuai dengan standar.
  8. Menunjukkan surat keterangan kesehatan. 
  9. Melakukan evakuasi mandiri kepada rekannya yang sakit dan atau mengalami kecelakaan. 
  10. Dilarang membawa minuman keras dan atau obat-obatan terlarang. 
  11. Dilarang membawa sabun, sampo, deterjen dan bahan-bahan berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. 
  12. Dilarang membawa alat musik dan atau alat bunyi-bunyian lainnya yang dapat mengganggu tumbuhan dan satwa liar

Bicara soal Gunung Gede, ada kabar gembira ini! ternyata: “Koleksi Elang Jawa di Gunung Gede Pangrango Bertambah Jadi 3 Ekor”.

Jadi setelah mengetahui apakah gunung gede cocok untuk pemula, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!