Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda adalah pendaki pemula yang berencana mendaki Gunung Prau, disarankan untuk tahu bulan yang cocok untuk mendaki Gunung Prau. Jika pemilihan bulan pas, para pendaki akan melihat pemandangan di sekitar puncak gunung dengan jelas.

Seperti diketahui, Gunung Prau adalah salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah. Secara administratif gunung ini berada di empat kabupaten yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung ini tak terlalu tinggi karena hanya punya ketinggian 2.590 meter dari permukaan laut (mdpl).

Bulan yang Cocok untuk Mendaki Gunung Prau

Meski tidak terlalu tinggi, cuaca di Gunug Prau ikut menentukan kelancara para pendaki saat menyusuri jalur pendakian. Disarankan untuk memilih bulan yang cocok untuk mendaki Prau yaitu mulai bulan Juli sampai Agustus.

Sedangkan bulan yang dianggap kurang cocok untuk mendaki Prau adalah bulan Januari, Februari, Maret, serta November dan Desember.

Di bulan Januari hingga Maret pihak pengelola Gunung Prau melakukan penutupan secara total dari pendakian. Selain faktor cuaca penutupan dilakukan sebagai upaya pengembalian ekosistem, perbaikan sekaligus perawatan jalur pendakian, serta penghijauan dan pembersihan sampah.

Sedangkan di bulan November hinga Desember dikhawatirkan hujan atau mendung sehingga berpotensi menyulitkan pendakian.

Sedangkan mendaki Prau bulan Juli sampai Agustus sangat direkomendasikan. Di bulan tersebut cuaca di Gunung Prau biasanya dominan cerah sehingga pendaki tidak harus berhadapan dengan hujan atau badai. Selain itu pendaki juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Pemandangan di bawah gunung juga akan terlihat saat malam hari.

Bagi para pendaki pemula, salah satu tips yang harus dipertimbangkan saat mendaki Gunung Prau adalah membawa pakaian hangat. Pasalnya di bulan Juli sampai Agustus, cuaca cukup dingin bahkan bisa mencapai suhu di bawah 0 derajat celcius hingga membentuk embun beku es.

Basecamp Gunung Prau

Perlu diketahui pula oleh para pendaki jalur dan basecamp Gunung Prau yang tersedia. Ada enam basecamp di Gunug Prau yakni sebagai berikut.

  • Basecamp Dieng
  • Basecamp Kalilembu
  • Basecamp Patak Banteng
  • Basecamp Dwarawati
  • Basecamp Wates
  • Basecamp Igirmranak.

Titik awal pendakian Gunung Prau yang paling favorit adalah basecamp Dieng dan Patak Banteng karena lokasi sangat mudah dijangkau. Tersedia pula kendaraan umum untuk menuju kedua basecamp. Pendaki bisa naik kendaraan umum dari Terminal Mendolo, Wonosobo.

Ada beberapa mini bus dari Terminal Mendolo ke basecamp Prau. Hanya saja pendaki harus sabar karena mini bus hanya akan berangkat jika kapasitas kendaraan sudah memenuhi perjalanan.

Pendaki juga bisa menikmati wisata malam di Dieng setelah pendakian selesai. Ada beberapa destinasi wisata yang disarankan.

Itulah informasi terkait bulan yang cocok untuk mendaki Gunung Prau. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.id.