5 Rekor yang Tercatat dalam Sejarah Catur
Ilustrasi catur (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan catur antara Dewa Kipas melawan Grand Master (GM) Irene Kharisma Sukandar yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Senin, 22 Maret pukul 15.00 WIB menyedot perhatian masyarakat. Dalam pertandingan itu, Dewa Kipas kalah telak 0-3.

Menilik sejarahnya, ada banyak pertandingan catur yang menyedot perhatian karena mencetak sejarah. Dirangkum dari Chess.com, berikut VOI berikan sejumlah rekor yang pernah tercipta di dunia catur. Beberapa di antaranya masih bertahan hingga kini.

Pemain Termuda yang Menjadi Grand Master

Sergey Karjakin dari Rusia masih menyandang sebagai pecatur termuda yang meraih predikat Grand Master. Dia meraihnya pada usia 12 tahun, 7 bulan.

Kerjakin ambil bagian dalam kejuaraan pertamanya ketika baru berulang tahun yang ke-12, yaitu sebagai sekondan Ruslan Ponomariov dalam pertandingan kejuaraan dunia FIDE melawan Vasily Ivanchuk. 

Juara Dunia Bertahan Terlama

Emanuel Lasker menjadi juara dunia usai menaklukkan Wilhelm Steinitz pada 1894. Gelar ini bertahan hingga 1921 ketika dia dikalahkan Jose Raul Capablanaca.

Banyak yang mengatakan, lamanya durasi gelar juara pecatur Jerman ini didukung oleh Perang Dunia I yang menunda dilangsungkannya pertandingan antara Rubinstein dan Capablanca. 

Namun, jika tambahan periode tersebut tidak dihitung pun nyatanya gelar Laster tetap jauh lebih lama dari juara-juara dunia lainnya. Termasuk Garry Kasparov – 15 Tahun dari 1985 hingga 2000.

Kemenangan Beruntun Terpanjang

Bobby Fischer merupakan pemegang rekor dunia untuk kemenangan beruntun terbanyak dalam catur level master.  Dia memenangkan 20 partai melawan para pesaingnya yang didominasi para pecatur elite.

Tapi, karena Oscar Panno mengalah, beberapa sejarawan catur sengaja tidak menghitung partai ini. Jumlah partai yang dimenangkan Grand Master asal Amerika dicatat sebanyak 19.

Tanpa Kekalahan Terpanjang

Mikhail Tal merupakan pemegang rekor dunia sebagai pecatur yang bermain tanpa kalah terpanjang secara beruntun. 

Dari 23 Oktober 1973 hingga 16 Oktober 1974, Tal memainkan 95 partai tanpa kekalahan. Rekor ini tidak pernah mampu didekati apalagi dikalahkan para pecatur lain.

Partai Simultan Terbanyak

Grand Master Ehsan Ghaem Maghami adalah pemegang rekor dunia untuk catur simultan terbanyak dengan 604 partai.

Dia memenangi 580 partai, hanya menahan remis 16 partai, dan kalah dalam 8 partai dalam sebuah peragaan simultan di Teheran, Iran pada 8–9 Februari 2011.