5 Kandidat Pengganti Graham Potter Jika Pemilik Berubah Pikiran, Beberapa Masih Pengangguran
Manajer Chelsea, Graham Potter. (Foto: Twitter @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Graham Potter menghadapi tekanan besar di Chelsea. Hal itu menyusul serangkaian hasil tak memuaskan untuk The Blues dalam beberapa pekan terakhir.

The Blues sudah tersingkir dari dua perburuan gelar domestik, yakni Piala FA dan Piala Liga. Teranyar, mereka disingkirkan Manchester City di babak ketiga Piala FA dengan skor 4-0.

Legenda Chelsea, Frank Labeouf, menganggap bahwa waktu Potter di klub sudah cukup. Para fans bahkan sudah jengah dengan kinerjanya dan sempat menyanyikan chants Thomas Tuchel, mantan manajer Chelsea saat laga tandang.

Namun, manajemen Chelsea belum berpikir untuk mendepak mantan bos Brighton and Hove Albion tersebut. Sang pemilik, Todd Boehly, nampaknya masih percaya dengan kemampuan sang manajer.

Menariknya, media Inggris, The Sun, sudah menyusun daftar kandidat yang bisa menggantikan posisi pelatih 47 tahun itu di Chelsea. Alih-alih manajemen The Blues berubah pikiran.

Berikut ini adalah lima nama manajer yang bisa jadi kandidat bos baru Chelsea:

Mauricio Pochettino

Mantan manajer Tottenham Hotspur ini menjadi nama favorit untuk menggantikan posisi Graham Potter di Chelsea. Ia masih menganggur sejak meninggalkan Paris Saint Germain (PSG) pada akhir musim lalu.

Pria berusia 50 tahun itu telah menghadapi banyak laga kontra Chelsea ketika ia masih melatih Spurs.

Brendan Rodgers

Brendan Rodgers saat ini menjabat sebagai manajer Leicester City sejak tahun 2019. Selama memimpin Jamie Vardy dkk ia berhasil mempersembahkan trofi FA Cup dan Community Shield.

Rodgers sebenarnya cukup diperhitungkan, tapi sayangnya performa The Foxes pada musim ini kurang memuaskan. Jika merapat ke Chelsea, ia tak akan menjadi orang asing, karena Rodgers sebelumnya pernah melatih Chelsea U18 dan U21.

Diego Simeone

Pelatih Atletico Madrid ini telah memimpin klub Spanyol itu sejak 2011. Ia juga dilaporkan sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia dengan 36,2 juta poundsterling (Rp684 miliar) selama setahun.

Simeone yang berusia 52 tahun mungkin memiliki catatan kerja yang mengesankan, tetapi agaknya ia tidak cocok dengan skuat yang dimiliki Chelsea.

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane belakangan disebut masih setia menunggu kesempatan untuk melatih timnas Prancis. Tapi penantian itu dibuyarkan oleh Federasi Sepak Bola Prancis yang memilih untuk memperpanjang kontrak Didier Deschamps hingga 2026.

Situasi itu bisa membuka peluang bagi manajemen Chelsea untuk menggaet Zidane sebagai manajer. Apalagi ia juga masih menganggur sejak meninggalkan Real Madrid pada akhir musim 2020/2021 lalu.

Thomas Tuchel

Mantan manajer Chelsea ini mungkin belum tentu mau kembali. Namun para penggemar menyerukan namanya ketika laga tandang kontra Manchester City.

Itu ditengarai sebagai bentuk kerinduan.

Manajer asal Jerman itu sempat mengatakan tentang perasaan yang tak nyaman setelah pemecatannya dari The Blues bulan September lalu. Namun, membawa Tuchel kembali sebagai langkah yang cerdas Chelsea untuk menyelamatkan tim.