Bagikan:

JAKARTA - Terungkap sudah siapa pengganti Fernando Santos di timnas Portugal. Bukan Jose Mourinho seperti yang gencar diisukan belakangan ini.

Federasi Sepak Bola Portugal, FPF, menunjuk Roberto Martinez sebagai pelatih baru timnas mereka. Tugas pertama pelatih asal Spanyol itu adalah mengklarifikasi situasi kapten Cristiano Ronaldo, yang baru saja bergabung dengan klub Arab Saudi Al-Nassr.

"Titik permu​​​​​​​laan saya adalah skuat berisi 26 pemain yang bermain di Piala Dunia dan Cristiano Ronaldo adalah salah satunya," kata Martinez dalam konferensi pers.

Martinez menambahkan, dia akan membuat keputusan "di lapangan dan bukan di kantor." Ini mengindikasikan jika Ronaldo masih punya kesempatan untuk terus bersama A Selecao.

Sementara Presiden FPF, Fernando Gomes, menyebut ini adalah momen penting untuk timnas Portugal.

"Saya menghargai antusiasme dan ambisi yang membuat dia menerima undangannya," katanya, seperti dikutip Antara

Sebelumnya, Martinez mundur dari pekerjaannya sebagai pelatih Belgia setelah timnya tersingkir di fase grup Piala Dunia. Dia sebelumnya mengatakan telah membuat keputusan untuk mundur beberapa waktu lalu, bahkan bila Belgia bisa menjadi juara Piala Dunia 2022.

Martinez sendiri pernah melatih Swansea City, Wigan Athletic dan Everton. Dia kemu​​​​​​​dian ditu​​​​​​​nju​​​​​​​k sebagai pelatih timnas Belgia pada 2016 dan memimpin tim itu​​​​​​​ ke semifinal Piala Dunia 2018.