Gareth Bale Tulis Pesan Perpisahan, Resmi Gantung Sepatu usai Jadi Kapten Wales di Piala Dunia 2022
Pemain Wales, Gareth Bale. (Foto: Twitter/@GarethBale11)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pemain Real Madrid, Gareth Bale, membuat pengumuman mengejutkan. Bale memutuskan pensiun dari dunia sepak bola dengan segera.

Bale mengundurkan diri dari permainan setelah memimpin timnas Wales di Piala Dunia 2022 Qatar. Di turnamen itu, Wales tersingkir di babak penyisihan.

Pemain berusia 33 tahun yang terakhir membela Los Angeles FC ini merilis pernyataan tulus yang mengonfirmasi keputusannya untuk gantung sepatu.

"Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya segera dari klub dan sepak bola internasional," kata Bale lewat media sosial Instagram.

"Saya merasa sangat beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberi saya beberapa momen terbaik dalam hidup saya. Yang tertinggi dari yang tertinggi selama 17 musim, yang tidak mungkin ditiru, tidak peduli apa yang ada di bab berikutnya untuk saya."

“Dari sentuhan pertama saya di Southampton hingga yang terakhir bersama LAFC dan segala sesuatu di antaranya, membentuk karier klub yang sangat saya banggakan dan syukuri. Bermain untuk dan menjadi kapten negara saya sebanyak 111 kali benar-benar merupakan mimpi yang menjadi kenyataan," lanjutnya.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Bale mengawali kariernya bersama Southampton. Setelah tampil luar biasa bersama klub tersebut, dia memutuskan pindah ke Tottenham Hotspur.

Awalnya, perjalanannya bersama Spurs tidak berjalan sesuai rencana. Dia bahkan sempat diisukan bakal dilepas dengan harga murah.

Tapi Bale mencapai performa terbaiknya sejak 2011 dan seterusnya, mencetak 26 gol di musim terakhirnya di Tottenham sebelum pindah ke Real Madrid dengan rekor dunia senilai 90 juta poundsterling.

Di klub Spanyol itu, Bale mencetak 106 gol dalam 258 penampilan. Dia juga meraup lima gelar Liga Champions, tiga mahkota LaLiga dan satu Copa del Rey.

Tendangan salto Bale dalam kemenangan final 2018 atas Liverpool dicatat dalam sejarah sebagai salah satu gol terbesar yang dicetak di panggung itu.

Cedera melanda tahun-tahun terakhirnya di Madrid sebelum kembali dipinjamkan ke Spurs dan berlabuh di klub terakhirnya, LAFC.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

"Keputusan saya untuk pensiun dari sepak bola Internasional sejauh ini merupakan yang tersulit dalam karir saya," kata Bale.

“Perjalanan saya di panggung internasional adalah salah satu yang tidak hanya mengubah hidup saya tetapi juga siapa saya. Keberuntungan menjadi orang Wales dan dipilih untuk bermain dan menjadi kapten Wales, telah memberi saya sesuatu yang tidak ada bandingannya dengan apa pun yang pernah saya alami."

"Saya merasa terhormat dan rendah hati dapat berperan dalam sejarah negara yang luar biasa ini, merasakan dukungan dan semangat dari tembok merah, dan bersama-sama mengunjungi tempat-tempat yang tak terduga dan menakjubkan," sambungnya lagi.