Tatap Musim 2023 Bersama LCR Honda, Alex Rins Ngaku Bakal Sulit Tiru Kesuksesan di Suzuki
Pebalap LCR Honda, Alex Rins. (Foto: Twitter @lcr_team)

Bagikan:

JAKARTA - MotoGP 2023 bakal dilalui Alex Rins bersama tim barunya, LCR Honda. Sempat mengarungi enam tahun bersama Suzuki, ia mengaku akan kesulitan dengan tunggangan anyarnya di Honda.

Bersama Honda, Alex Rins nantinya akan menunggangi Honda RC213V. Ia tak ingin tunggangan anyarnya disetel sama seperti GSX-RR, motornya di Suzuki dulu.

Itu diungkap Rins setelah sempat menjalani uji coba pascamusim di Sirkuit Ricardo Tormo pada November lalu. Agenda itu membuat Rins bisa merasakan perbedaan dari dua tunggangannya.

Kehadiran dan masukan Rins sangat berarti bagi Honda dan diharapkan dapat membantu proses pengembangan motor Honda RC213V. Apalagi Rins sebelumnya bisa membantu Suzuki meraih dua kemenangan pada MotoGP 2022 lalu.

Meski demikian, dia tak ingin para penggemar Honda dan juga fansnya untuk berekspektasi besar. Rins menilai dirinya bakal kesulitan untuk dapat meniru prestasinya dulu di Suzuki ketika bersama Honda. 

“Pada akhirnya saya hanya akan mengendarai satu motor di MotoGP. Tapi akan sangat sulit untuk meniru pekerjaan yang dilakukan sebelumnya (di Suzuki),” kata Rins dikutip dari Autosport pada Senin, 9 Januari.

Honda sebelumnya telah menjamun bakal berusaha untuk mengembangkan motor yang sesuai dengan Rins. Namun, sang pebalap justru berharap Honda tak sepenuhnya meniru apa yang dilakukan Suzuki. 

Menurut Rina kedua motor memiliki plus dan minus masing-masing, baik dari konfigurasi mesin hingga aspek lainnya. Itu dirasa Rins akan sangat sulit jika harus disamakan.

“Saya mengatakan pada orang-orang di Honda agar tidak mencontoh Suzuki. Honda memiliki kelemahan dan keunggulannya tersendiri. Saya selalu mengatakan bagaimana kerja saya di Suzuki, tetapi tak membuatnya seperti itu. Melainkan berusaha maksimal,” ujarnya. 

Rins kembali menunggangi motor Honda RC213V di uji coba pramusim pada 10-12 Februari 2023. Uji coba itu rencananya akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.