<i>So Sweet</i>! Khabib Nurmagomedov Mengakhiri Karier Jadi Pelatih MMA Demi Lebih Banyak Waktu untuk Keluarga
Mantan petarung UFC, Khabib Nurmagomedov. (Foto/Instagram @khabib_nurmagomedov)

Bagikan:

JAKARTA - Khabib Nurmagomedov menyudahi karirnya sebagai pelatih MMA. Langkah ini dilakukan demi fokus mengurus keluarga dan menikmati waktu bersama anak-anaknya.

Mulanya Khabib memutuskan pensiun menjadi petarung UFC pada Oktober 2022. Namun ia merasa masih belum bisa jauh dari dunia yang membesarkan namanya.

Dia kemudian memilih menjadi pelatih MMA.

Khabib mendapat kesuksesan besar dari profesi barunya itu di tahun 2022 saat melatih Islam Makhachev. Ia berhasil membawa anak asuhnya itu meraih gelar kelas ringan UFC yang dulu juga diamankannya.

Dia juga mendapatkan kesuksesan saat menangani Usman Nurmagomedov untuk mendapat sabuk setara Bellator.

Semua pencapaian itu tak membuatnya silau. Dia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan MMA, baik sebagai petarung maupun pelatih.

Mantan petarung 34 tahun itu mengisyaratkan bakal menjauh dari dunia MMA, demikian yang dikutip The Sun.

“Jaga dirimu baik-baik, saudara-saudara. Saya harap keputusan saya hanya untuk yang terbaik, pelukan besar untuk Anda semua. Terima kasih, Anda adalah alasan besar kesuksesan saya dalam olahraga,” tulis Khabib di Instagramnya @khabib_nurmagomedov.

Keputusan Khabib pensiun juga dikonfirmasi atlet Rusia, Tass. Ia membenarkan Khabib sudah tak lagi bergabung dengan tim dan memilih pensiun.

"Dia tidak akan lagi berlatih, tidak akan hadir bersama tim di pusat pelatihan," kata Tass.

"Hal itu dilakukan untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga," lanjutnya.

Sementara itu, Shamil Zavurov yangmerupakan sahabat Khabib ikut membenarkan kabar pensiun ini dengan mengunggah foto bersama.

"Ia meninggalkan olahraga ini, tapi semangat olahraga tidak akan pernah meninggalkannya," tulis Shamil sebagai keterangannya.

Pensiunnya Khabib akan membuat anak didiknya, Makhachev mau tak mau harus menghadapi agenda pertaruhan gelar kelas ringan UFC pertamanya tanpa sang pelatih.

Makhachev akan menghadapi juara kelas bulu, Alexander Volkanowski di UFC 284 di Perth, Australia pada 11 Februari mendatang.