Bagikan:

JAKARTA – Pebalap LCR Honda asal Spanyol yang baru tahun ini pindah dari Suzuki, Alex Rins, dikabarkan hendak hengkang ke Yamaha pada musim balap MotoGP 2024. Kabar tersebut diakui oleh bos LCR Honda, Lucio Cecchinello.

Rins tampil tidak istimewa sejak bergabung di LCR, tim satelit Honda yang bermaskas di Monako. Dia sekali menang dalam balap GP Amerika di Austin, Texas pada 16 April lalu.

Selebihnya, finis 10 di GP Portugal dan 9 di GP Argentina. Rins tidak finis di GP Spanyol dan Prancis, bahkan tidak turun dalam lima seri balap terakhir akibat cedera.

“Dia telah menerima tawaran dari Yamaha. Negosiasi telah dimulai dengan mereka dan dengan Honda oleh perwakilannya, meskipun saya bukan bagian dari proses ini,” kata Cecchinello dikutip GPOne.

Cecchinello menambahkan bahwa dia tidak mungkin menahan Rins untuk hengkang dari LCR, meskipun kontraknya berlaku 2023 dan 2024.

“Sebab tawaran untuk Rins adalah dari tim pabrikan Yamaha, dan itu kesempatan besar untuknya. Dia punya kontrak dengan HRC untuk dua musim, namun ada opsi keluar jika dia mendapatkan tawaran dari tim pabrikan,” ujar Cecchinello lagi.

Rins dikabarkan akan menggantikan posisi Franco Morbidelli di tim pabrikan Yamaha untuk MotoGP 2024. Saat masih bersama Suzuki, Rins mengakhiri musim balap 2022 dengan menempati peringkat ke-7.