MMA: Tom Aspinall Incar Duel Lawan Ciryl Gane Sebelum Menuju Jon Jones
Petarung kelas berat asal Inggris, Tom Aspinall ingin mendapatkan kesempatan menjajal kejuaraan dunia. (MMA Mania/Zuffa LLC/Chris Unger)

Bagikan:

JAKARTA – Petarung kelas berat asal Inggris, Tom Aspinall sedang bersemangat setelah menTKO Marcin Tybura hanya dalam satu ronde dalam UFC Fight Night di London, 22 Juli 2023. Kini petarung berusia 30 tahun itu mengincar pemenang antara Ciryl Gane vs Sergey Spivak, yang akan digelar dalam UFC Paris pada September mendatang.

“Tapi saya pikir melawan Ciryl Gane akan lebih memberikan keuntungan. Saya menuruti nasihat Michael Bisping, agar memilih lawan yang baru saja gagal memenangi kejuaraan dunia. Dan posisi itu ada pada Ciryl. Saya harap dia memenangi duel lawan Spivak, sehingga akan mendongkrak lagi posisinya,” ujar Aspinall, sepertik dikutip MMA Fighting.

Kemenangan atas Tybura, petarung asal Polandia, merupakan kebangkitan bagi Aspinall. Setahun lalu dia terpuruk, kalah TKO hanya dalam satu ronde di depan pendukungnya di London dari petarung Amerika Serikat yang sedang menurun, Curtis Blaydes. Saat itu lutut Aspinall cedera, sehingga dia harus setahun rehat untuk penyembuhan.

Aspinall hingga duelnya yang ke-16 memang belum memperoleh kesempatan menghadapi kejuaraan dunia. Jadi dia memang harus terus menunjukkan performa yang meningkat, sebelum akhirnya memperoleh kesempatan yang dia impikan.

Sementara Gane saat ini sedang berjuang keras untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, setelah dua kali gagal memenangi gelar juara kelas berat UFC. Dalam upaya pertama, Gane kalah angka dari Francis Ngannou dalam pergelaran UFC 270 di Anaheim, California, AS, 22 Januari 2022.

Gane juga gagal dalam upaya kedua, usai kalah pitingan (submission) ronde pertama dari Jon Jones, dalam UFC 285 di Las Vegas, Nevada, 4 Maret 2023. Jika menang lawan Spivak nanti, hal itu akan sedikit meningkatkan rasa pede Gane.

Aspinall pernah menang atas Spivak, petarung asal Moldova, lewat TKO ronde pertama di Las Vegas pada 4 September 2021. Jadi duel mereka tidak terlalu menarik untuk dipentaskan dalam waktu yang terlalu berdekatan.