Bagikan:

JAKARTA - Repsol Honda resmi merekrut Joan Mir untuk mengisi komposisi pebalap pada balapan MotoGP musim 2023.

Pengumuman dibuat Honda di media sosial mereka Instagram pada Selasa, 30 Agustus. Mir nantinya bakal berpartner dengan kompatriotnya Marc Marquez.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Joan Mir," demikian bunyi pernyataan Honda di laman Instagram mereka.

Pebalap berusia 24 tahun itu mendapat kontrak sepanjang dua tahun. Nantinya dia akan bersaing dengan menggunakan motor Honda RC213V.

Juara dunia MotoGP 2020 itu muncul sebagai talenta di kejuaraan dunia pada musim penuh pertamanya di Moto3 musim 2016.

Pada 2018, dia kemudian naik kelas ke Moto2.

Satu musim menempa diri di kelas tersebut, Mir memutuskan membalap untuk Suzuki pada 2019. Pebalap yang identik dengan nomor 36 itu sudah mengklaim 12 kemenangan Grand Prix dan 33 podium selama berkarier di kejuaraan dunia.

Bergabungnya Mir dengan Honda ini tidak lepas dari pengumuman yang dibuat Suzuki pada awal Mei lalu bahwa mereka akan meninggalkan MotoGP pada akhir musim nanti.

Keputusan Suzuki untuk mundur dilatari masalah masalah kebutuhan alokasi sumber daya pada inisiatif lain yang berkelanjutan.

Sebelumnya rekan Mir di Suzuki, Alex Rins, sudah terlebih dulu meneken kontrak dengan tim satelit LCR Honda. Rins juga mendapat durasi kontrak selama dua tahun.