Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia menang telak atas Brunei pada laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022, Senin, 26 Desember. Bertanding di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Skuad Garuda mencetak tujuh gol tanpa balas.

Pada laga ini, pelatih Shin Tae-yong menurunkan mayoritas pemain pelapis. Saat melawan Brunei, pelatih asal Korea Selatan itu hanya menyisakan tiga pemain inti yang turunkan saat melawan Kamboja.

Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Nadeo Argawinata dan Asnawi Mangkualam. Praktis hampir semua pemain inti pertama lawan Brunei adalah muka baru.

Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, Egy dan Marc Klok adalah deretan nama yang menyumbang gol untuk Indonesia dalam laga ini.

Meski tim asuhannya banyak gol, Shin terlihat dingin tanpa melakukan selebrasi. Dia mengatakan, ekspresinya itu bukan berarti dia tak senang dengan pencapaian anak asuhnya.

"Pastinya saya pun senang dan bahagia jika pemain mencetak gol, apalagi bisa saja dengan perilaku saya yang berlebihan ditunjukkan ke pemain," kata Shin seperti dikutip dari Antara, Senin, 26 Desember.

"Saya berusaha lebih fokus supaya pemain juga bisa lebih fokus untuk memperkuat mental. Sejujurnya, di dalam hati, saya sangat bahagia," lanjutnya.

Dalam laga ini, Yakob Sayuri dinobatkan sebagai man of the match. Namun bagi Shin, seluruh pemain layak mendapatkan apresiasi sebagai pemain terbaik melawan Brunei.

"Menurut saya, semua pemain layak mendapatkannya (menjadi pemain terbaik saat lawan Brunei)," pungkas Shin Tae-yong.

Usai mengalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia membukukan enam poin dari dua pertandingan. Sebelumnya, Asnawi Mangkualam dan kawan kawan menang 2-1 atas Kamboja.

Pada laga Grup A Piala AFF berikutnya, Timnas Garuda bakal menghadapi tim kuat Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis, 29 Desember.