Jelang Indonesia Vs Myanmar, Shin Tae-yong: Belajar dari Pertandingan Lawan Afghanistan, Perlu Tingkatkan Permainan
Timnas Indonesia saat menghadapi Afghanistan (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesa akan menjalani laga uji coba melawan Myanmar pada Kamis besok. Jelang uji coba kedua itu, Shin Tae-yong menggarisbawahi kelemahan tim yang harus diperbaiki.

Pelatih asal Korea Selatan itu memetik pelajaran berharga dari laga sebelumnya saat melawan Afghanistan. Meski kalah, Shin Tae-yong mencatat poin yang harus dibenahi timnya, yaitu sering melakukan kesalahan sendiri sehingga perlu meningkatkan permainan.

"Jadi, beberapa hal yang saya pelajari melalui pertandingan lawan Afghanistan, jadi saat pertandingan banyak sekali melakukan kesalahan dari kita sendiri," kata Shin Tae-yong, dikutip VOI dari laman resmi PSSI, Rabu, 24 November.

Dalam laga kontra Afghanisan, skuat Garuda dipaksa tunduk dengan skor tipis 0-1. Kendati demikian, Shin Tae-yong dapat pelajaran bagus untuk melihat kelemahan tim.

Dari situlah ia bertekad membenahi performa tim agar bisa tampil lebih baik saat menghadapi Myanmar. Hal yang paling ditekankan sang pelatih adalah agar para pemain tak membuang-buang peluang.

"Jadi, untuk pertandingan berikutnya kita harus meningkatkan permainan kita, jadi harus mengurangi kesalahan-kesalahan yang kita lakukan,” kata sang pelatih.

"Apalagi di babak pertama (saat lawan Afghanistan) juga sebenarnya ada kesempatan atau peluang untuk cetak gol tetapi tidak bisa, akhirnya skor kita sama terus sampai menit-menit terakhir. Jadi saya selalu ingatkan terus kepada pemain agar mereka kalau dapat peluang harus bisa cetak gol," tuturnya.

Laga uji coba melawan Myanmar akan jadi agenda kedua uji coba timnas Indonesia sebelum tampil di Piala AFF 2020 Desember nanti. Uji coba ini akan berlangsung di Stadion Gloria, Antalya, Turki.

Jelang pertemuan ini, baik timnas Indonesia ataupun Myanmar sama-sama menuai hasil minor karena menelan kekalahan di laga sebelumnya.

Tapi hal itu tak membuat Shin Tae-Yong gentar, sebab jika melihat head to head timnas jelas lebih unggul meskipun skuat Garuda kalah posisi ranking FIFA dari Myanmar.