Piala AFF 2022: Indonesia Cukur Brunei Darussalam 7-0
Dendy Sulistyawan mencetak salah satu gol kemenangan Indonesia atas Brunei Darussalam (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil meneruskan tren positif di fase grup Piala AFF 2022. Menghadapi Brunei Darussalam di Stadion KLFA, Malaysia, Skuad Garuda menjadikan gawang lawan sebagai lumbung gol.

Dalam pertandingan yang berlangsung Senin, 26 Desember pukul 17.00 WIB, timnas Indonesia meraup tiga poin setelah membukukan skor akhir 7-0 yang membuatnya kini duduk di puncak klasemen Grup A dengan 6 poin.

Timnas Indonesia bisa lebih dulu membuka keunggulan di menit ke-19. Memanfaatkan assist dari Spaso, pergerakan Abimanyu di depan gawang gagal dibendung dan membuat skor berubah unggul jadi 1-0.

Beberapa menit berselang, kesempat pertama datang bagi Brunei Drussalam untuk menyamakan kedudukan. Tarikan keras Saddil Ramdani pada pemain mereka berbuah tendangan bebas.

Ditunjuk jadi eksekutor, Martin Haddy Khalliden sejatinya bisa mengubah nasib tim di menit ke-22. Tapi tendangannya yang masih bisa dihalau gagal memecah kebuntuan Brunei.

Menjelang pengujung babak kedua, peluang emas kembali terbuka bagi Skuad Garuda. Pelanggaran yang dilakukan Hanif Aiman Adanan pada Egy Maulana Vikri membuat wasit menghadiahkan tendangan bebas kepada timnas, sayangnya tendangan kuat Saddil gagal menggandakan skor karena membentur mistar kiri gawang Brunei.

Kartu kuning kedua bagi Alinur Rashimy di menit ke-38 membuat Brunei melanjutkan laga dengan 10 pemain. Dua menit berselang, gawang Brunei kembali dikoyak timnas Indonesia dan membuat kedudukan berubah 2-0.

Gol kedua tercipta lewat Dendy Sulistyawan yang dengan santai menukil bola saat terjatuh di bibir gawang, Gol tersebut merupakan lemparan umpan dari Saddil Ramdani. Skor unggul tetap jadi milik Indonesia hingga peluit turun minum dibunyikan wasit.

Di babak kedua, Brunei Darssalam mencoba menyegarkan skuad dengan mengganti dua pemainnya sekaligus. Upaya itu membawa sedikit perubahan dengan pola permainan mereka yang semakin menekan ke arah pertahanan Indonesia.

Sebuah peluang tercipta di lima menit awal babak kedua, tapi pengolahan bola yang kurang baik masih belum membuat Brunei mampu memecah kebuntuan. Alih-alih mengubah angka, gawang Brunei jusrtru jadi lumbung gol untuk timnas Indonesia.

Dua gol cepat disarangkan oleh penggawa Timnas, di menit ke-58 Egy Maulana Vikri mencatatkan gol keduanya di Piala AFF sedangkan dua menit berselang giliran Spasso yang membuat skor Indonesia bertambah menjadi 4-0.

Skor kembali berubah untuk timnas Indonesia di menit ke-68 lewat eksekusi Ramadhan Sananta yang memanfaatkan umpan rekan setimnya di PSM Makasar, Yakob Sayuri.

Upaya pemain Brunei untuk menghentikan pergerakan Skuad Garuda belum maksimal. Tim asuhan Shin Tae-yong justru kembali mencatat angka. Setengah lusin gol kini jadi milik Indonesia setelah menit ke-85 lewat tendangan Marc Klok.

Tak cukup dengan setengah lusin gol, Yakob Sayuri menambah kemenangan Indonesia jadi 7-0. Gol pertamanya di Piala AFF 2022 ini tercipta pada dua menit waktu tambahan yang diberikan wasit.