Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan alasan di balik keputusan menarik tiga pemain di awal babak kedua sebelum mengalami kekalahan dari China.

Pada laga itu, Shin Tae-yong memutuskan menarik Mees Hilgers, Shayne Pattynama, dan Witan Sulaeman di awal babak kedua. Ketiganya kemudian digantikan oleh Thom Haye, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan.

Sebelum pergantian ini, Hilgers dan Shayne menjadi sorotan karena melakukan kesalahan yang membuat Skuad Garuda kebobolan dua gol di babak pertama.

Namun, soal pergantian pemain yang kemudian terjadi, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku bahwa keputusan tersebut diambil karena ada pemain yang cedera.

"Alasan saya melakukan tiga pergantian pemain setelah babak pertama karena salah satu bek (Mees Hilgers) mengalami cedera pergelangan kaki."

"Satu bek lainnya (Shayne Pattynama) karena kondisi yang kurang prima," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers selepas laga dikutip pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Pada laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao, Selasa, 16 Oktober 2024, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari China 1-2.

Dua gol yang dibuat tuan rumah dilesakkan oleh Behram Abduweli pada menit ke-21 dan Zhang Yuning pada menit ke-44.

Sementara itu, Timnas Indonesia hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol tunggal yang dibuat Thom Haye pada menit ke-86.

Shin Tae-yong mengakui permainan Indonesia lawan China sudah sesuai strategi awal. Hanya saja, para pemain Tim Merah-Putih gagal memanfaatkan peluang.

"Kami memang tidak bermain bagus lawan Bahrain terutama dalam penguasaan bola. Setelah pertandingan lawan Bahrain, kami mencoba memperbaiki beberapa hal."

"Sebenarnya alur permainan lawan China sesuai keinginan kami. Hanya saja, kami tidak bisa cetak gol dari peluang yang ada. Beberapa dari kami juga tidak beruntung untuk mencetak gol," tutur Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji akan memperbaiki tim lebih baik lagi menatap laga selanjutnya di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Selanjutnya kami akan melakukan yang terbaik dan berusaha lebih keras lagi untuk menjadi lebih baik," ujarnya.

Timnas Indonesia selanjutnya akan menjamu Jepang pada 15 November 2024. Empat hari berselang, giliran Arab Saudi yang akan jadi lawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.