Bagikan:

JAKARTA - Portugal selangkah lagi ke perempat final UEFA Nations League meski hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Skotlandia di pertandingan Grup 1 League A di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu, 16 Oktober 2024 dini hari WIB.

Kapten Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol. Hanya dirinya tetap menjadi bintang permainan yang mendapat sambutan tetapi ada pula yang mencemoohnya di pertandingan melawan Skotlandia.

Pada laga sebelumya, Ronaldo turut menyumbang gol saat membawa Portugal menang 3-1 atas Polandia. Namun, pemain andalan Al Nassr ini gagal menambah koleksi gol di pertandingan timnas yang sudah mencapai 134 itu saat Portugal menghadapi permainan ngotot Skotlandia.

Ya, Skotlandia menunjukkan karakter yang sesungguhnya di pertandingan itu. Scott McTominay dkk bermain dengan semangat pantang menyerah dan ngotot demi meraih poin. Hasilnya, Skotlandia untuk kali pertama meraih poin di pertandingan penyisihan grup.

Meski demikian, Skotlandia tetap menduduki dasar klasemen. Pasalnya mereka selalu menelan kekalahan pada tiga laga sebelumnya.

Sementara, Portugal yang mengantungi poin 10 kian kukuh di puncak klasemen. Mereka unggul tiga poin dengan Kroasia yang menempati peringkat dua setelah bermain imbang 3-3 melawan Polandia.

Portugal yang belum pernah kalah pun tinggal selangkah lagi lolos ke perempat final. Tim asuhan Roberto Martinez setidaknya sudah menempatkan satu kaki di babak knockout tersebut dan hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Dalam duel di Hampden Park, Portugal mengalami kesulitan menghadapi Skotlandia yang mencoba menunjukkan penampilan terbaik. Bahkan tuan rumah mampu memberi tekanan dan nyaris membobol gawang Diogo Costa di menit-menit awal pertandingan.

Sundulan McTominay yang menyambut umpan silang berhasil diamankan Costa. Ini menjadi peluang terbaik Skotlandia yang sayangnya gagal dimanfaatkan eks gelandang Manchester Unted dan kini menjadi andalan Napoli tersebut. Selanjutnya, Costa pula yang menyelamatkan gawang dri ancaman Ryan Christie.

Meski terlambat panas, Portugal akhirnya berhasil keluar dari tekanan. Namun serangan mereka selalu kandas menghadapi pertahanan kokoh tim asuhan Steve Clarke tersebut. Meski demikian, penguasaan bola Portugal mencapai 67%.

Portugal mendapat peluang melalui tendangan bebas Nuno Mendes di menit 25. Hanya saja, upaya dia bisa digagalkan kiper Craig Gordon.

Tidak ada peluang dari Portugal yang bisa dikonversi menjadi gol. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Portugal tak menurunkan tempo permainan. Mereka mendapat peluang bagus pada menit-menit awal pertandingan. Termasuk peluang lewat Ronaldo.

Hanya saja aksi pemain berusia 39 melakukan diving untuk menyundu bola masih gagal. Pasalnya, bola melambung di atas mistar gawang.

Selanjutnya, Portugal tetap melakukan tekanan. Ronaldo kembali mendapat peluang di menit 82. Namun eks bintang MU dan Real Madrid ini masih gagal melakukannya.

Begitu pula peluang dari Bruno Fernandes dan Rafael Leao juga tak membuahkan hasil. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai.