Bagikan:

JAKARTA - Pemain Manchester United unjuk kemampuan saat membela tim nasional Portugal. Tidak hanya mantan MU Cristiano Ronaldo yang mencetak rekor gol ke-900 dalam kariernya tetapi juga bek Diogo Dalot yang membawa Portugal menang 2-1 atas Kroasia di pertandingan League A Grup 1 UEFA Nations League di Stadion da Luz, Jumat, 6 September 2024 dini hari WIB.

MU boleh sja melempem di kompetisi Premier League Inggris. Bahkan klub elite Liga Inggris ini sudah dua kali menelan kekalahan yang membuat The Red Devls terpuruk di papan bawah klasemen sementara.

Meski klub kelimpungan, namun para pemain tetap tampil dengan semangat tinggi. Bek Diogo Dalot, gelandang Bruno Fernandes dan sudah pasti eks bintang MU Cristiano Ronaldo membawa Portugal meraih kemenangan pertama di Nations League.

Tak hanya itu, Dalot pun sempat membuat gol bunuh diri yang membantu Kroasia memperkecil ketinggalannya. Namun Selecao das Quinas sukses mempertahankan keunggulan di laga tersebut.

Di pertandingan itu, pelatih Portugal Roberto Martinez memenuhi janji dengan menjadikan Ronaldo dkk tampil lebih agresif. Mereka juga belajar dari kegagalan di Euro 2024, terutama saat mengalami kekalahan dari Perancis di babak perempat final.

Penampilan ofensif Portugal menjadikan mereka unggul cepat. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Dalot sukses membobol gawang Kroasia. Kolaborasi pemain MU menjadikan Portugal unggul saat Dalot menyelesaikan assist dari Fernandes.

Unggul 1-0 menjadikan Portugal bermain lebih agresif. Mereka menekan pertahanan lawan. Usaha tuan rumah memang tak sia-sia. Di menit 34, Ronaldo berhasil memperbesar keunggulan Portugal.

Mantan bintang MU ini menuntaskan umpan dari Nuno Mendes untuk menaklukkan kiper Dominik Livakovic. Sang legenda ini pun membuat rekor gol ke-900 dalam kariernya yang panjang di pentas sepak bola.

Skor berubah 2-0 untuk Portugal. Namun setelah tertinggal, Kroasia mencoba bangkit. Dengan gelandang veteran Luka Modric yang menopang striker Andrej Kramaric, Kroasia berusaha keluar dari tekanan dan bermain menyerang.

Setelah berkali-kali gagal, Kroasia akhirnya bisa membobol gawang tuan rumah di menit 42. Dalot membuat gol bunuh diri yang mengubah skor menjadi 2-1. Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasui babak kedua, Portugal tidak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap bermain terbuka dan berusaha menambah gol.

Keunggulan penguasaan bola hingga 57% menjadikan Portugal mampu memberi tekanan terhadap pertahanan Kroasia. Hanya saja, sejumlah peluang dari Ronaldo dan Vitinha tak membuahkan hasil.

Sebaliknya, Kroasia jarang melakukan serangan yang membahayakan gawang Diogo Costa. Pertahanan kokoh yang digalang Ruben Dias menyulitkan pemain depan Kroasia mengancam barisan belakang Portugal.

Tidak ada tambahan gol. Skor 2-1 untuk Portugal bertahan sampai akhir laga. Kemenangan tersebut menjadikan Portugal bertengger di posisi teratas bersama Polandia yang menang 3-2 atas Skotlandia di klasemen Grup 1. Hanya saja Polandia menduduki peringkat pertama karena unggul selisih gol dibandingkan Portugal.