Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo menangis dalam selebrasi golnya yang ke-900. Gol itu dicetak dalam kemenangan Portugal 2-1 atas Kroasia di UEFA Nations League 2024/2025, 5 September 2024.

Penyerang 39 tahun itu menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak 900 gol sepanjang kariernya.

Ia tampak emosional setelah mencetak gol dari jarak enam yard memanfaatkan umpan silang Nuno Mendes. Ronaldo berlutut dan menangis di Estado da Luz, Lisbon, Portugal.

Sebelum mencetak sejarah itu, tepatnya pekan lalu, Ronaldo sempat mengungkapkan bahwa ia ingin mencapai 1.000 gol selama aktif bermain.

"Sebentar lagi saya akan mencetak 900 gol dan setelah itu saya akan mencapai 1.000 gol."

"Saya ingin mencapai 1.000 gol. Jika saya tidak mengalami cedera, bagi saya ini adalah terpenting. Saya menginginkan itu."

"Itulah penanda terbaik yang bisa saya miliki dalam sepak bola. Akan ada satu perbedaan, semua gol saya direkam dalam video. Jadi, saya bisa membuktikannya," kata di saluran YouTube barunya.

Selama ini, Pele dianggap sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. FIFA menganugerahi legenda Brasil tersebut yang mengemas 1.281 gol.

Namun, pemegang rekor dunia asal Brasil itu mengumpulkan koleksi golnya dengan bantuan sekitar 550 pertandingan ekshibisi dan amatir.

Total gol Pele dalam pertandingan resmi selama kariernya adalah 762 gol. Namun koleksi itu mengarah ke perdebatan lama tentang rekor mana yang paling kredibel.

Sementara itu, semua gol Cristiano Ronaldo sudah terjadi di era digital dan terekam video sehingga mudah tinjau kembali.

Ronaldo mencetak 118 gol dalam 292 pertandingan untuk Manchester United setelah mencetak lima gol di Sporting Lisbon pada awal kariernya.

Kemudian, selama sembilan tahun di Real Madrid, ia mengantongi 450 gol dalam 438 penampilan.

Saat bermain untuk Juventus selama tiga musim, ia menambah 101 gol lagi, sebelum tugas keduanya di Old Trafford menghasilkan 27 gol.

Ia lalu pindah ke Arab Saudi setelah menandatangani kontrak dengan Al-Nassr. Dia sudah mengoleksi 68 gol dalam 74 pertandingan.

Bergeser ke level internasional bersama Portugal, ia kini telah mencetak 131 gol dalam 212 pertandingan.

Namun, terlepas dari rekor gol yang mencengangkan untuk negaranya, termasuk juara Euro 2016, Ronaldo dikritik keras atas penampilannya di Euro 2024.

Ronaldo gagal mencetak gol dalam lima pertandingan Portugal. Selecao kemudian tersingkir oleh Perancis di perempat final.

Perincian Gol Cristiano Ronaldo

Sporting Lisbon: 5 Gol

Manchester United: 145 Gol

Real Madrid: 450 Gol

Juventus: 101 Gol

Al-Nassr: 68 Gol

Portugal: 131 Gol