Bagikan:

JAKARTA - Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, telah menjadi contoh ketangguhan seorang pesepak bola selama lebih dari dua dekade dalam karier cemerlangnya. Ia  memecahkan banyak rekor dan bermain untuk beberapa klub terbesar di dunia. Kini ia  bertekad untuk meninggalkan jejak manis di Euro 2024.

Pindahnya Ronaldo dari kancah elit Eropa ke Arab Saudi setelah penampilan mengecewakan di Piala Dunia 2022 di Qatar, yang berakhir dengan kekalahan mengejutkan Portugal 0-1 dari Maroko di perempat final, telah menimbulkan pertanyaan apakah karier gemilang Ronaldo yang kini berusia 39 tahun sudah mendekati akhir.

Namun, Ronaldo akan membuktikan bahwa dia masih bisa memberikan pengaruh di level tertinggi dan akan tiba di Jerman untuk Euro 2024 sebagai pemimpin tepercaya dari tim bertalenta di bawah bimbingan mantan manajer Belgia, Roberto Martinez.

Di antara banyak pencapaiannya, Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola internasional pria, dengan 128 gol dalam 204 pertandingan resmi. Hampir 20 tahun telah berlalu sejak gol pertama Ronaldo untuk Portugal melawan Yunani di Euro 2004 hingga gol terbarunya melawan Lichtenstein pada November 2023, dengan puncak karier internasionalnya adalah kemenangan di Euro 2016.

Ronaldo telah mencetak 891 gol dalam kariernya, memegang rekor gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions dengan 140 gol, dan menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam lima turnamen Kejuaraan Eropa berturut-turut. Dia akan mencoba memperpanjang rekor tersebut di Jerman saat mendekati 900 gol, angka yang mungkin bisa dicapainya selama turnamen. Namun, tujuannya lebih tinggi.

"Akan cukup sulit untuk mencapai 1.000 gol, tetapi itu tergantung pada kondisi mental saya, motivasi saya," kata Ronaldo setelah mencetak dua gol melawan Slovakia.

"Jika secara fisik, kaki saya memperlakukan saya sebaik saya memperlakukan mereka... Kita lihat saja nanti. Untuk mencapai 1.000, Anda harus mencapai 900 terlebih dahulu. Saya pikir saya akan mencapainya," kata Ronaldo di kutip VOI dari Reuters.

Setelah mencetak 10 gol dalam 12 pertandingan terakhir bersama Portugal dan 42 gol dalam 41 pertandingan dengan Al-Nassr musim ini, mentalitas tak kenal menyerah Ronaldo bisa menjadi kunci baginya untuk membuat pernyataan dengan negaranya di Jerman melawan segala rintangan.