Kemenangan Atas Arsenal Genapi Gol Ronaldo Ke-800
FOTO: Twitter.com/@ManUtd

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo jadi salah satu penentu kemenangan Manchester United saat tampil melawan Arsenal. Sumbangan dua gol di laga itu mampu bawa Setan Merah keluar dari ancaman kekalahan.

Bukan cuma jadi gol penentu kemenangan tim, gol yang di cetak Ronaldo di laga kontra Arsenal ternyata juga jadi catatan rekor baru untuk sang bintang. Gol di Stadion Old Trafford itu menggenapi catatan gol CR7 ke-800 di semua ajang. 

Tampil di kandang sendiri, Ronaldo menggenapi gol ke-800 nya di menit ke-52 saat lawan Arsenal. Ketika itu, Ronaldo memanfaatkan asist dari Marcus Rashford yang mengumpan bola dari sisi kanan kotak penalti.

Tak cuma itu, Ronaldo kemudian mencetak gol lagi yang membuatnya punya rekor gol ke-801. Kali ini eksekusinya berbuah manis lewat tendangan penalti pada menit ke-70.

Dari catatan yang ada sebelumnya, Ronaldo tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di beberapa kompetisi. Pesepak bola 36 tahun itu sudah mencatatkan 115 gol untuk kategori pencetak gol sepak bola internasional putra, pencetak gol terbanyak di Liga Champions dengan 140 gol dan terbanyak dalam Euro atau Piala Eropa dengan 14 gol.

Melansir ESPN, selain mencatatkan nama sebagai pemain dengan gol terbanyak, Ronaldo juga jadi pemain yang paling sering dikalungi medali Liga Champions pada era modern setelah lima kali menjuarai kompetisi ini dengan tiga klub berbeda.

Dari sisi kontribusi timnas, Ronaldo yang berkebangsaan Portugal juga jadi pemain yang tercatat paling banyak tampil untuk timnasnya dengan 184 cap. Lima Ballon d'Or dan empat Sepatu Emas Eropa yang diperolehnya hanya bisa dilampaui oleh Lionel Messi.

Ronaldo melakukan debut profesionalnya bersama Sporting Lisbon pada 2002 dan mencetak dua gol profesional perdana saat menang 3-0 atas Moreirense pada 7 Oktober di tahun yang sama. Usai mencatatkan gol kelima di Sporting Lisbon, ia kemudian bergabung dengan United di akhir musim.

Enam musim di Manchester, Ronaldo sukses mencetak 118 gol dari 292 penampilan. Hingga setelah itu ia memutuskan pindah ke Real Madrid dengan predikat pemain termahal saat itu.

Selama sembilan musim bersama Real Madrid, CR7 mencetak 450 gol dari 438 penampilan di semua kompetisi. Di tahun 2018 Ronaldo menjajal tantangan baru dengan pindah ke klub raksasa Italia, Juventus.

Proses perpindahan yang menghabiskan dana 100 juta pound milik Juventus itu kemudian dibayar manis oleh Ronaldo. Dari 134 laga bersama si Nyonya Tua, Ronaldo telah mencetak 101 gol.

Pada Agustus tahun 2019, sang bintang memutuskan kembali ke MU. Di musim ini ia juga sudah menyumbang 12 gol, yang jika ditotal sudah ada 130 angka dipersembahkan buat Setan Merah.

Terlepas dari catatan di atas, gol ke-800 Ronaldo tercipta hanya berselang dua tahun setelah ia mencetak gol ke-700-nya. Ronaldo juga sudah mencetak 338 gol dari 372 pertandingan sejak usianya menginjak 30 tahun.