Wacana 'Gila' Pemerintah Argentina Usai La Albiceleste Juara Piala Dunia 2022: Wajah Messi Bakal Ada di Uang Kertas Peso
Lionel Messi (Instagram @seleccion)

Bagikan:

JAKARTA - Kesuksesan Lionel Messi di Piala Dunia 2022 masih menyisakan euforia. Terbaru, muncul wacana menjadikan wajah La Pulga sebagai ikon mata uang Argentina, peso.

Dikutip Sport Bible dari surat kabar Argentina, El Financiero ada kabar yang mengatakan pemerintah Argentina tengah mempertimbangkan untuk menggunakan gambar Messi pada uang kertas mereka.

"Argentina sedang mempertimbangkan untuk menempatkan Lionel Messi pada uang kertas mereka," tulis Sport Bible dikutip pada Kamis, 23 Desember.

"Pejabat badan pengatur keuangan Argentina ingin menandai kemenangan bersejarah negara mereka di Piala Dunia. Via surat kabar El Financiero," sambung laporan tersebut.

Kabar ini jelas menghebohkan dan menimbulkan pertanyaan, sebab umumnya ikon yang tercetak di mata uang sebuah negara adalah sosok yang penting seperti pahlawan nasional sebuah negara atau para mantan presiden.

Jika potret Messi benar dijadikan ikon mata uang Argentina, bisa saja lantaran sang pesepak bola dianggap menjadi pahlawan untuk negaranya yang telah menantikan gelar 36 tahun.

Pada gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar, Messi benar-benar jadi pemain yang paling diagungkan di Argentina menyusul peran vital sang pemain dalam kesuksesan Tim Tango meraih gelar juara.

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu jadi bintang kemenangan Argentina saat mengalahkan Prancis 4-2 lewat drama adu penalti pada laga final yang digelar di Stadion Lusail, Minggu 18 Desember.

Total tujuh gol dan tiga assist berhasil dibukukan Messi di sepanjang turnamen empat tahunan itu. Catatan impresif tersebut membuat Messi juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Kemenangan ini menjadi gelar ketiga Argentina di Piala Dunia. Dua trofi sebelumnya masing-masing diraih pada edisi 1978 dan 1986.