Fokus di Copa America 2024 dan Target PD 2026, Lionel Messi Ternyata Belum Ingin Pensiun
Lionel Messi belum ingin pensiun dan bakal perkuat Argentina. (Twitter @Argentina)

Bagikan:

JAKARTA - Kapten timnas Argentina Lionel Messi menyatakan dirinya fokus pada Copa America 2024. Messi ingin membawa Argentina mempertahankan titel juara ketimbang lebih memikirkan apakah bakal pensiun atau tidak setelah Copa America.

Lionel Messi memenuhi impian meraih trofi saat memimpin Argentina di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Usai membawa Argentina memenangi trofi untuk kali ketiga setelah era Mario Kempes (1978) dan Diego Armando Maradona (1986), Messi disebut-sebut bakal pensiun dari timnas

Usia 36 saat eks bintang Barcelona ini memenangi Piala Dunia Qatar menunjukkan bila itu menjadi yang terakhir kali. Hal itu dikatakan langsung oleh Messi menjelang kejuaraan.

Namun dia seperti membantah bakal gantung sepatu di timnas. Messi yang kini membela klub MLS, Inter Miami, menuturkan tidak menutup kemungkinan dirinya tampil di Piala Dunia 2026 yang digelar di tiga negara, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Amerika Serikat pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1990. Sedangkan Meksiko bertindak sebagai tuan rumah di Piala Dunia 1986. Hanya Kanada yang belum pernah mendapat kesempatan menjadi tuan rumah.

Messi mengatakan selama dalam kondisi terbaik, dirinya belum berpikir untuk pensiun di timnas. Saat ini, dirinya fokus menghadapi Copa America.

"Sepanjang saya dalam kondisi bagus, saya akan terus bermain. Dan, saya akan melakukanya untuk Argentina. Kini, saya sepenuhnya fokus pada Copa America. Saya yakin bisa tampil di turnamen itu," ucap Messi.

"Waktu yang akan menunjukkan apakah saya bisa bermain di Piala Dunia atau tidak. Saat Piala Dunia, usia saya sudah 39. Jadi wajar saja bila ada yang menyarankan saya tidak bermain di Piala Dunia," kata dia lagi.

"Setelah Piala Dunia 2022, saya sepertinya hendak pensiun. Tetapi kini saya ingin lebih sering bersama tim. Kami sudah menikmati pengalaman yang istimewa. Saya ingin menikmatinya tanpa harus memikirkan soal dua atau tiga tahun ke depan. Di tahun-tahun itu banyak kejadian di sepak bola," tutur peraih Ballon d'Or delapan kali ini.

Messi pernah berkali-kali gagal meraih gelar juara di turnamen besar. Saat menjadi kapten Argentina, dirinya sudah tiga kali mencapai final di Piala Dunia 2014, Copa America 205 dan edisi satu abad pada Copa America 2016. Namun semuanya berakhir dengan kegagalan. 

Dirinya baru bisa memenangi Copa America pada 2021 dan kemudian membawa Argentina memenangi Finallissima 2022 yang mempertemukan juara Copa America dengan Piala Eropa. Argentina mengalahkan Italia di ajang itu.

Puncaknya, Messi membawa La Albiceleste juara dunia pada 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat adu penalti.