Bagikan:

JAKARTA - Babak play off Liga 1 Esport Nasional 2023 mulai bergulir pada 1 Desember di Jakarta. Sebanyak enam tim akan bersaing demi memperebutkan gelar juara.

Keenam tim tersebut adalah Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle Jakarta Selatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung, Pajajaran Esports Bogor dan Pendekar Esports Jakarta Selatan. Semua tim bakal bersaing di nomor perlombaan Mobile Legends: Bang Bang.

Diselenggarakan di Mahaka Square, Kelapa Gading, keenam tim yang bersaing tersebut bakal menunjukan penampilan terbaik demi memperebutkan hadiah sebesar Rp2 miliar.

Keenam tim yang berlaga di babak play off ini merupakan tim yang lolos seleksi dari sekitar 25 ribu tim yang disaring sejak kompetisi Liga 3 kemarin. Hal tersebut seperti diungkap oleh Ricky Setiawan selaku Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB ESI yang juga Ketua Pelaksana acara ini.

Lebih lanjut Ricky Setiawan juga mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai upaya percepatan Esport di Tanah Air. Dimana dengan adanya percepatan maka akan dengan mudah menemukan bibit kompeten untuk bisa membawa dan mengharumkan Indonesia.

“Tujuannya adalah Liga Esports Nasional ini tersebar, terbuka dan tertata. Intinya percepatan ekosistem esports Indonesia biar jauh lebih profesional, jauh lebih terbuka sehingga siapa aja bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia,” katanya dalam keterangan.

Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat degradasi lebih rendah lagi.

"Sistem Liga Esports Nasional ini adalah sistem promosi dan degradasi, artinya ada yang promosi ada yang degradasi. Itu dimulai dari Liga 3, jadi Liga 3 yang lulus promosi ke Liga 2, Liga 2 yang lulus promosi ke Liga 1 Series dari Liga 1 Series baru 6 tim teratas masuk ke Babak Play Off ini akan dilanjutkan juga di season berikutnya," ungkap Ricky menjelaskan.

Dalam kompetisi ke depannya, Ricky Setiawan membuka kemungkinan untuk memasukkan nomor perlombaan game lain selain Mobile Legends: Bang Bang dan juga akan menambah jumlah kota penyelenggara series.

Sebelumnya Liga 1 series telah digelar di empat kota yakni Palembang, Pontianak, Surabaya dan Makassar. Dalam penyelenggaraan yang berlangsung di empat kota tersebut telah dihadiri oleh ribuan penggemar dengan rata-rata terdapat 3.000 penonton yang menonton langsung ke venue.