Bagikan:

JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 2 2024/2025 menjadwalkan sepak mula pada 7 September 2024. Titel kompetisi masih sama seperti musim lalu, Pegadaian.

LIB secara resmi mengumumkan kerja sama tahun kedua dengan PT Pegadaian. Nilai sponsorship dikatakan lebih tinggi dibanding musim lalu.

"Bocorannya bahwa komitmen sponsorship musim ini meningkat tajam," ujar Direktur Utama LIB, Ferry Paulus.

Sepak mula Liga 2 2024/2025 dijadwalkan pada 7 September 2024. Laga pembuka mempertemukan Persibo Bojonegoro vs Gresik United pada pukul 15:30 WIB di Stadion Letjen Soedirman.

"Kick-off di Bojonegoro, merupakan tim promosi dan akan tanding lawan Gresik United," kata Ferry Paulus.

Format Liga 2 2024/2025 tidak jauh berbeda dengan musim lalu, yakni ada babak pendahuluan, babak delapan besar, semifinal, dan final. Lalu, juga ada babak play-off degradasi.

Sebanyak 26 tim peserta Liga 2 2024/2025 dibagi tiga grup pada babak pendahuluan. Grup 1 (Grup Barat) dan Grup 2 (Grup Tengah) berisi sembilan tim, lalu Grup 3 (Grup Timur) dihuni oleh delapan tim.

Babak pendahuluan dimainkan dengan sistem home & away. Nantinya, tiga tim teratas di klasemen akhir Grup 1 dan Grup 2 bakal lolos ke babak delapan besar Liga 2 2024/2025, sementara peringkat 4-9 lanjut ke babak play-off degradasi.

Untuk Grup 3, hanya dua tim teratas klasemen akhir yang melaju ke babak delapan besar. Lalu, posisi 3-8 ke babak play-off degradasi.

Pada babak delapan besar Liga 2, tim peserta dibagi dua grup. Sistem kandang dan tandang masih digunakan pada fase ini.

Tim peringkat satu dan tiga dari Grup Barat akan segrup dengan peringkat dua Grup Tengah dan Timur. Sementara posisi satu dan tiga Grup Tengah berhadapan dengan posisi satu Grup Timur dan posisi runner-up Grup Barat.

Dua tim teratas pada klasemen akhir babak delapan besar Liga 2 2024/2025 melaju ke babak final atau Final Four. Empat tim ini bakal diadu silang untuk memperebutkan tiga tiket promosi.

Sementara itu, pada babak play-off degradasi, 18 tim dibagi empat grup, yang mana ada dua grup dihuni empat tim dan dua grup lainnya punya lima peserta. Pertandingan fase ini dimainkan dengan sistem kandang-tandang.

Dua tim teratas klasemen akhir dari masing-masing grup akan bertahan di Liga 2. Sementara dua tim terbawah klasemen akhir dari masing-masing grup otomatis terdegradasi ke Liga 3.

Untuk dua tim yang dihuni lima peserta, ada kasus khusus yakni tim peringkat ketiganya akan diadu lagi untuk menentukan satu tim yang degradasi. Soalnya, aturan Liga 2 2024/2025 yaitu sembilan tim yang harus turun kasta.

Total ada 10 tim yang akan bertahan di Liga 2, sembilan dari babak play-off degradasi dan satu lainnya dari tim peringkat keempat atau yang kalah di perebutan tempat ketiga.

Pembagian Grup Babak Pendahuluan Liga 2 2024-2025

Grup 1: Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, PSKC Cimahi, Persikota Tangerang, Dejan FC Depok, Persikabo 1973, FC Bekasi City

Grup 2: Persikas Subang, Persekat Tegal, Bhayangkara FC, Persijap Jepara, Persiku Kudus, Persipa Pati, PSIM Yogyakarta, Nusantara United, Adhyaksa Farmel

Grup 3: Rans Nusantara FC, Persibo Bojonegoro, Persela Lamongan, Gresik United, Deltras FC, Persipal Palu, Persewar Waropen, Persipura Jayapura