Harapan Tyson Fury Bertemu Oleksandr Usyk Terancam Pupus, IBF dan WBA Sodorkan Lawan Wajib untuk Sang Juara
Petinju asal Inggris, Tyson Fury. (Foto: Twitter @Tyson_Fury)

Bagikan:

JAKARTA - Harapan Tyson Fury untuk melawan Oleksandr Usyk dalam perebutan gelar kelas berat terancam gagal terwujud. Pasalnya, Usyk disodorkan lawan yang wajib dia hadapi.

Fury dan Usyk sebelumnya ingin bertarung satu sama lain pada Desember 2022, tapi batal terwujud karena negosiasi gagal. Si Raja Gipsi kemudian mengalihkan bidikan ke Anthony Joshua, sayang itu pun gagal.

Fury akhirnya bertinju dengan sahabat lamanya, Derek Chisora. Meski demikian, dia tetap menyimpan keinginan untuk berhadapan dengan Usyk tahun depan.

Sialnya, WBA dan IBF sama-sama sedang berusaha menawarkan lawan wajib buat Usyk.

WBA telah memberi tahu Usyk bahwa dia harus menghadapi penantang wajib, Daniel Dubois, pada pertarungan berikutnya. Sementara IBF mengambil langkah yang persis sama dengan memerintahkan Usyk untuk melawan Filip Hrgovic.

Hal ini membuat Fury menghadapi penantian yang mendebarkan. Pihak promotor dari petinju asal Inggris itu kabarnya sedang berusaha memperbaiki situasi.

Mengosongkan sabuk bukanlah suatu pilihan karena gagasan Fury versus Usyk adalah untuk menyatukan divisi kelas berat.

Pertarungan Fury kontra Usyk bisa terjadi dengan menawari uang sampingan dalam jumlah besar untuk Dubois dan Hrgovic.

Dalam kasus Dubois, dia dan Fury sama-sama diwakili oleh Queensbury Promotions, membuat kesepakatan lebih mudah untuk dinegosiasikan.

Namun Hrgovic bakal sulit. Promotor Eddie Hearn bahkan telah menepis gagasan petinjunya itu mengundurkan diri demi memuluskan langkah Usyk untuk melawan Fury.

"IBF sudah memesannya. Kami sudah mengatakan kami tidak mau bernegosiasi. Satu-satunya cara Usyk bisa mendapatkannya adalah jika Hrgovic mengatakan dia bisa. Dan dia tidak mau karena dia ingin memperjuangkan gelar," tutur Hearn.