Bagikan:

JAKARTA - Topik siapa yang akan memimpin Brasil setelah Piala Dunia 2022 hangat diperdebatkan. Sementara pemain seperti Ronaldo Nazario menyambut baik kemungkinan pelatih asing mengambil alih Selecao, Rivaldo menentang gagasan tersebut.

Mantan pemain Barcelona dan AC Milan itu turun ke media sosial untuk menyuarakan ketidaksenangannya dan menawarkan daftar pelatih lokal untuk memimpin Selecao.

"Saya tidak setuju dan saya pikir tidak memperkerjakan pelatih asing untuk tim kami tidak menghormati pelatih Brasil," kata Rivaldo dalam postingannya.

"Saya pikir kami memiliki pelatih yang mampu memimpin tim Brasil saat ini dan melakukan pekerjaan dengan baik, seperti: Rogerio Ceni, Fernando Diniz, Cuca, Renato Gaucho, dan Dorival Jr."

Mantan pemain internasional Brasil itu juga menyatakan bahwa mempekerjakan pelatih asing tidak akan menjamin kesuksesan di masa depan, meski banyak yang memenuhi syarat untuk memimpin tim nasional.

"Membawa pelatih asing bukan berarti kami akan menjadi juara dunia," lanjut Rivaldo.

“Terutama karena, jika itu adalah kepastian, saya pikir seorang pelatih asing ingin menjadi juara dunia untuk negaranya dan membuat bangsanya bahagia. Timnya membutuhkan dia lebih dari Brasil, karena hanya kami yang juara lima kali.

"Tanpa ragu, orang asing juga pelatih yang sangat bagus, tapi Selecao adalah milik kita, milik bangsa, dan harus dijalankan oleh seseorang yang memiliki darah Brasil mengalir di nadi mereka.

"Yang paling penting adalah para pemain, kami harus membantu mereka, menyemangati mereka, dan memberi mereka kepercayaan diri... karena kami memiliki generasi yang bagus dalam perjalanan dan dasar pengalaman dengan jersey Brasil.

"Piala Dunia adalah turnamen singkat dan Anda menang atau kalah dalam detail kecil, dan ini akan selalu terjadi pada tim mana pun dengan pelatih mana pun. Ini hanya pendapat saya yang rendah hati."