Piala Dunia 2022: Terlalu Tangguh, Brasil Pecundangi Korea Selatan 4-1
Para pemain Brasil merayakan kemenangan atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Babak 16 besar antara Brasil kontra Korea Selatan yang berlangsung di 974 Stadium, Doha, pada Senin malam (Selasa dini hari WIB) dimenangkan oleh Selecao. Tim asuhan Tite membantai Taeguk Warriors 4-1.

Dalam laga ini, mega bintang Neymar kembali membela timnas Brasil. Pemain termahal dunia tersebut kembali setelah sebelumnya absen pada dua pertandingan terakhir Brasil pada fase grup karena cedera pergelangan kaki.

Selain Neymar, bek sayap Brasil Danilo juga kembali membela Selecao setelah sebelumnya cedera dan tidak diturunkan ketika menghadapi Kamerun pada fase laga terakhir fase grup.

Di sisi lain, pelatih Korea Selatan Paulo Bento melakukan dua pergantian pemain dengan kembali menempatkan bek Napoli Kim Min-jae serta memberikan kesempatan kepada Hwang Hee-chan.

Hwang sebelumnya menjadi penentu kemenangan Korea Selatan atas Portugal pada laga terakhir fase Grup H dan Bento memberikan hadiah untuk kemenangan tersebut.

Baik Min-jae serta Hee-chan menggantikan Kwon Kyung-won dan Lee Kang-in yang pada pertandingan kontra Portugal menjadi pilihan pertama.

Tim Samba terlalu tangguh buat Son Heung-min. Pada babak pertama, dengan penguasaan bola 57 berbanding 43 persen, mereka langsung unggul empat bola.

Winger Real Madrid, Vinicius Jr membawa Selecao memimpin cepat pada menit ke-6. Tendangan kaki kanannya dari sisi kiri menghujam pojok kanan atas gawang Kim Moon-hwan. Berselang enam menit, Neymar menambah keunggulan pasukan Tite lewat penalti usai Richarlison dihajili lawan.

Menit ke-28, Brasil memperlebar keunggulan atas Taeguk Warrios lewat sepakan kaki kiri Richarlison dari tengah kotak penalti. Dan Lucas Paqueta membawa Tim Samba menutup babak pertama dengan skor 4-0.

Di babak kedua, Korea Selatan memperkecil kekalahan melalui Paik Seong-ho setelah memanfaatkan situasi set piece. Pada menit 76, tendangan keras kaki kiri gelandang Jeonbuk Hyundai Motors dari luar kotak penalti tidak mampu diselamatkan kiper Alisson. Skor 4-1 menutup laga.

Dengan hasil ini, Brasil akan meladeni Kroasia di babak perempat final pada Jumat mendatang. Luka Modric dkk melaju ke delapan besar usai menjungkalkan Jepang lewat adu penalti 3-1 (1-1).


Susunan pemain

Brasil (4-2-3-1)

Alisson Becker (GK); Eder Militao, Thiago Silva (C), Marquinhos, Danilo; Lucas Paqueta, Casemiro; Raphinha, Neymar, Vinicius Junior; Richarlison

Pelatih: Tite

Korea Selatan (4-2-3-1)

Kim Seung-gyu (GK); Kim Moon-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Hwang Hee-chan, Lee Jae-sung, Son Heung-min (C); Cho Gue-sung

Pelatih: Paulo Bento